Browsing Islamic Education by Title
Now showing items 189-208 of 918
-
Implementasi Media Flashcard Hijaiyyah untuk mengatasi Kesulitan Membaca Iqro’ (Studi Kasus di SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu pembelajaran basic di dalam agama Islam, tetapi di zaman saat ini masih banyak orang yang belum medapatkan salah satu pendidikan agama tersebut di tengah majunya teknologi saat ... -
Implementasi Media Kartu Minid (Domino Tajwid) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Tajwid Di Tpa Al Iman, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-03)Salah satu lembaga pendidikan Islam yang banyak muncul di masyarakat adalah TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). TPA selaku lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) terfokus kepada pembelajaran Al-Qur’an dan agama ... -
Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Online Menggunakan Quizizz dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Kota Magelang
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Media merupakan salah satu komponen utama dalam proses pembelajaran. Media dapat memudahkan guru dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik sehingga mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. ... -
Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Pada Pelajaran Pai Di Sma Uii Yogyakarta (Studi Kasus Pada Siswa Berasrama Di Pondok Pesantren)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-01-09)Pandemi covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya Pendidikan, pembelajaran di sekolah akibat dampak dari covid-19 mengadopsi cara baru yakni pembelajaran berbasis elektronik/E-learning. E-learning ini ... -
Implementasi Metode Baca Tulis Al-qur’an Yanbu’a di Madrasah Diniyah Takmiliyah Kalimasada Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian yang peneliti lakukan, fokus pada pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode Yanbu’a di Madrasah Diniyah Takmiliyah Kalimasada Sardonoharjo Ngaglik Sleman. Latar belakang dari penelitian ... -
Implementasi Metode Card Sort Guna Meningkatkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Ngebel Gede 2 Jl. Bulusari Sardonoharjo Kec. Ngaglik Kab. Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas 1 SDN Ngebel Gede 2 terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehingga akan berpengaruh pada proses dan hasil belajar peserta didik. ... -
Implementasi Metode Ceramah Dalam Mata Pelajaran Hadis di Madrasah Aliyah Al-yusriyah Sei Meran, Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini ingin menjawab lebih detail terkait implementasi metode ceramah dalam mata pelajaran hadis di MA Al-Yusriyah. Selain itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana dampak implementasi metode ceramah yang selama ... -
Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5d Sd Muhammadiyah Condong Catur Kabupaten Sleman Yogyakarta
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Metode pembelajaran merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran yang benar menciptakan proses belajar yang efektif. Salah satu metode pembelajaran yang umum digunakan adalah metode ceramah. ... -
Implementasi Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Di Sd Muhammadiyah Condongcatur
(Universitas Islam Indonesia, 2021-06-07)Metode mengajar merupakan komponen krusial pada proses pembelajaran. Metode mengajar yang tepat akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Salah satu metode mengajar yang sering digunakan adalah metode ceramah ... -
Implementasi Metode Ceramah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Slb Tunas Kasih 2 Turi
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Anak berkebutuhan khusus atau inklusi adalah anak yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak yang lain, memiliki kekurangan ataupun kelebihan tersendiri. Anak berkebutuhan khusus memiliki beberapa jenis yaitu ... -
Implementasi Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fikih untuk mengaktifkan Pembelajaran Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Gayam Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Permasalahan yang dihadapi MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo yaitu kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran fikih. Sehingga dengan begitu guru tidak mengetahui siswa yang sebenarnnya belum ... -
IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM OPTIMALISASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS VII DI MTS AL-QODIR CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-05)Pendidikan merupakan suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya dan menimbulkan perubahan dalam dirinya untuk berfungsi secara baik dalam kehidupan ... -
Implementasi Metode Iqra’ Sebagai Pembelajaran Pertama Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Musthafawiyyah Desa Sungai Kuning Provinsi Riau
(Universitas Islam Indonesia, 2022-09-29)Metode Iqro’ merupakan salah satu metode pembelajaran al-Qur’an yang praktis untuk dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca al-Qur’an didalamnya diperkenalkan dengan huruf hijaiyah dan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini ... -
Implementasi Metode Kuartalan dalam menjaga Hafalan Al-Qur'an Pada Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Kecamatan Bayat, Klaten
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Dalam menghafal Al-Qur’an perlu adanya metode atau cara agar hafalan tetap terjaga dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode kuartalan dalam menjaga hafalan Al-Qur’an pada santri tahfidz, ... -
Implementasi Metode Mnemonik dalam Pembelajaran Tajwid (Studi Kasus pada Program Tahsin Tingkat Remaja PPIQ PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pembelajaran tajwid adalah salah satu cabang dari ilmu yang mempelajari Al- Qur’an yang memiliki sistematika untuk mempermudah dalam memperbaiki bacaan dengan memiliki syarat, tujuan serta fungsi tersendiri. Dengan ... -
IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK ARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI BRAINY BUNCH INTERNATIONAL ISLAMIC MONTESSORI SCHOOL MALAYSIA
(Universitas Islam Indonesia, 2020-12-21)Pada.dasarnya, anak membutuhkan kegiatan yang bermakna, anak-anak suka ikut andil dalam kegiatan orang dewasa, agar mereka merasa bermanfaat dan merasa dibutuhkan. Hal itu merupakan kesempatan untuk menstimulasi dan ... -
Implementasi Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia
(Universitas Islam Indonesia, 2020)IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI BRAINY BUNCH INTERNATIONAL ISLAMIC MONTESSORI SCHOOL MALAYSIA Oleh: Huzaimah Aspuri Hamsa 16422138 Pada.dasarnya, anak membutuhkan ... -
Implementasi Metode Montessori Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Pembentukan Karakter Religiusitas Pada Anak Usia Dini Di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual menjadi tantangan bagi tenaga pendidik untuk menyeimbangkannya dalam hal ketercapaian belajar dan tujuan pendidikan. Menjadi hal yang sangat fundamental ... -
Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiah Pada Anak Disleksia
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-09-30)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya implementasi metode belajar huruf hijaiah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak disleksia. Metode multisensori sangat sering diterapkan pada kegiatan belajar mengajar ... -
Implementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btaq) Pasca Ptmt Di Sd Muhammadiyah Pakem
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-01-09)Penelitian Implementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) pasca PTMT di SD Muhammadiyah Pakem ingin menemukan bagaimana perbedaan Implementasi Metode Pembelajaran BTAQ, Faktor Pendukung & Penghambat, dan ...