Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5d Sd Muhammadiyah Condong Catur Kabupaten Sleman Yogyakarta
Abstract
Metode pembelajaran merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran.
Metode pembelajaran yang benar menciptakan proses belajar yang efektif. Salah
satu metode pembelajaran yang umum digunakan adalah metode ceramah. Metode
ini digunakan oleh SD Muhammadiyah Condongcatur dalam proses pembelajaran
di kelasnya. Namun, banyak yang percaya bahwa metode pembelajaran ini sudah
ketinggalan zaman, membosankan, monoton, tidak menginspirasi, memiliki bahan
ajar yang tidak populer, memiliki waktu belajar yang sangat sedikit, dan tersedia
pada waktu-waktu rawan seperti hari Minggu, Pelajaran terakhir setelah istirahat
atau sebelum berangkat sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah
pertama untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Metode Ceramah, faktor
pendukung, dan faktor penghambat Implementasi Metode Ceramah Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5D SD Muhammadiyah Condong Catur
Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisikan penjelasan
tentang data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data
yang digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data
tersebut, dan menarik kesimpulan. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa
penerapan metode pembelajaran mata pelajaran bahasa Arab di SD
Muhammadiyah Condongcatur dapat diterapkan dan efektif untuk pembelajaran di
kelas karena dikombinasikan dengan metode demonstrasi. Kemudian temukan
fasilitator dan penghambat yang saling terkait yang mempengaruhi atau
mempengaruhi proses pembelajaran di kelas.
Hasil penelitian di temukan bahwa implementasi metode ceramah efektif jika
di kombinasikan dengan metode demonstrasi, tanya jawab, dan bernyanyi. Adapun
faktor pendukung yaitu berasal dari kompetensi guru, waktu dan tempat
pembelajaran, manajemen. Faktor penghambat berasal dari guru dan siswa.
Collections
- Islamic Education [864]