Implementasi Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia
Abstract
IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK
KARAKTER KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI BRAINY BUNCH
INTERNATIONAL ISLAMIC MONTESSORI SCHOOL MALAYSIA
Oleh: Huzaimah Aspuri Hamsa
16422138
Pada.dasarnya, anak membutuhkan kegiatan yang bermakna, anak-anak suka ikut
andil dalam kegiatan orang dewasa, agar mereka merasa bermanfaat dan merasa
dibutuhkan. Hal itu merupakan kesempatan untuk menstimulasi dan membentuk
karakter kemandirian pada anak. Kemandirian perlu dikembangkan sejak dini karena
kemandirian merupakan salah satu tugas perkembangan anak usia dini. Kemandirian
dapat distimulasi dengan berbagai metode, salah satunya adalah metode Montessori.
Melalui metode Montessori, anak dilatih dengan alat peraga Montessori yang
dirancang untuk menstimulasi indera, kognitif dan kemandirian anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan
metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini.
Brainy Bunch International Islamic Montessori school malaysia adalah salah satu
pusat pendidikan yang konsen dalam menerapkan metode Montessori kepada seluruh
peserta didiknya, khususnya anak usia dini. Penekanan terhadap kemandirian anak
dalam implementasi metode Montessori ini tercermin dalam setiap kegiatan
pembelajaran anak di Brainy Bunch. Di sekolah tersebut anak dilatih sejak usia dini
untuk mengembangkan potensi dirinya, karena dari usia dini ini karakter dan
kepribadian anak dibentuk.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian
Implementasi Pendekatan Metode Montessori dalam Membentuk Karakter
Kemandirian pada. Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori
School, Malaysia. Pengambilan subjek dalam penelitian ini dengan teknik purposive
sampling, di antaranya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, manager
kindergarten, dan homeroom teacher. Adapun sumber data sekundernya yaitu referensi
baik buku dan jurnal yang terkait dengan metode Montessori..dan kemandirian anak.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan metode Montessori
dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini di Brainy Bunch International
Islamic Montessori School, Malaysia, sudah dilakukan dengan baik dari mulai
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Lingkungan
sangat berperan dalam membentuk karakter mandiri anak. Hasil dari implementasi
metode Montessori dalam membentuk karakter mandiri anak dapat dilihat dari
kemampuan anak melayani diri sendiri.
Kata Kunci: Metode Montessori, Pembentukan Karakter Kemandirian, Anak Usia Dini
Collections
- Islamic Education [864]