Implementasi Metode Iqra’ Sebagai Pembelajaran Pertama Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Musthafawiyyah Desa Sungai Kuning Provinsi Riau
Abstract
Metode Iqro’ merupakan salah satu metode pembelajaran al-Qur’an yang
praktis untuk dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca al-Qur’an
didalamnya diperkenalkan dengan huruf hijaiyah dan kaidah ilmu tajwid. Penelitian
ini bertujuan untuk 1. Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Iqra’ Dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah. 2. Mengetahui Apa Saja
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Penerapan Metode Iqra’ Dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah.
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
dengan subjek penelitian murid TPQ Al-Musthafawiyyah, guru-guru di TPQ AlMusthafawiyyah, serta ketua Yayasan TPQ Al-Musthafawiyyah. Adapun objek
dalam penelitian ini adalah implementasi metode iqra sebagai pembelajaran
pertama al-quran di TPQ Al-Musthafawiyyah di Desa Sungai Kuning Provinsi
Riau. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat
memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik pengumpulan
data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan interaktif analisis
Penerapan Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ AlMusthafawiyyah diterapkan melalui tiga indicator yakni penetapan standarisasi
dalam mengajar Al-Quran, Pembagian Kelas untuk murid sesuai jenjang belajar,
dan Materi ajar yang dikategorikan dalam dua bentuk yakni pokok dan penunjang.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Penerapan Metode Iqra’ Dalam
Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Al-Musthafawiyyah terbagi menjadi empat yakni,
latar belakang guru, pengalaman belajar Al-Quran guru, Kemampuan Murid,
Waktu yang tersedia. Kemampuan murid yang beragam juga menjadi factor yang
cukup berpengaruh sebab tidak semua murid mamiliki kemampua yang sama, serta
waktu ketersediaan waktu belajar yang dialokasikan dengan baik oleh guru. Pointpoint tersebut membuat guru dan siswa lebih mudah dan siap untuk melakukan
kegiatan belajar mengajar Al-Quran.
Collections
- Islamic Education [864]