Implementasi Metode Montessori Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Pembentukan Karakter Religiusitas Pada Anak Usia Dini Di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia
Abstract
Keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual menjadi
tantangan bagi tenaga pendidik untuk menyeimbangkannya dalam hal ketercapaian belajar
dan tujuan pendidikan. Menjadi hal yang sangat fundamental dan sangat perlu diperhatikan,
terlebih jika hal ini diterapkan pada pendidikan anak usia dini yang dimana secara
perkembangan, pada fase ini anak sedang dalam fase golden age. Brainy Bunch
International Islamic Montessori School Malaysia merupakan salah satu lembaga
pendidikan yang mengadopsi metode Montessori dengan menggunakan kurikulum North
American Montessori Center (NAMC) yang diimplementasikan dengan baik dan maksimal
di seluruh jenjang pendidikan, terutama pada jenjang anak usia dini sebagaimana data
observasi dan wawancara penulis.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan fokus penelitian
implementasi metode montessori dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan
pembentukan karakter religiusitas pada anak usia dini di Brainy Bunch. Dalam penentuan
informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan terpilih yaitu
Chief Excecutive Officer, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Manajer dan Wakil
Manajer Kindergarten, Guru Kelas Kindergarten, dan Peserta Didik Kindergarten. Dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan 3 teknik dalam setiap tahapannya yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data penulis menggunakan
teknik triangulasi data. Dan adapun pada analisis data dengan model Mattew B. Miles dan
A Michel Huberman yaitu reduksi, display, dan verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Montessori dalam
meningkatkan prestasi belajar dan membentuk karakter religiusitas pada anak usia dini di
Brainy Bunch, sudah terimplementasikan dengan baik. Hasil dari implementasi metode
Montessori dalam meningkatkan prestasi belajar dapat dilihat dari peserta didik
mengetahui dan memahami banyak hal dalam materi pelajaran dengan sangat baik serta
dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan hasil dari implementasi
metode Montessori dalam membentuk karakter religiusitas pada anak usia dini dapat dilihat
dari peserta didik mendirikan ibadah terutama sholat dengan baik dan benar, melakukan
sesuatu sesuai dengan adabnya, dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari.
Collections
- Islamic Education [864]