Implementasi Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Di Sd Muhammadiyah Condongcatur
Abstract
Metode mengajar merupakan komponen krusial pada proses pembelajaran.
Metode mengajar yang tepat akan menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Salah satu metode mengajar yang sering digunakan adalah metode ceramah dan
tanya jawab. Metode tersebut diterapkan di SD Muhammadiyah Condongcatur
pada proses pembelajaran di kelas. Tetapi banyak orang menganggap metode
ceramah ini sudah kuno, membosankan, monoton, tidak membuat siswa aktif,
materi kurang bisa diserap dengan baik, terlebih lagi alokasi waktu pembelajaran
sangat minim, dan berada di waktu yang rentan seperti setelah jam istirahat atau
jam terakhir sebelum pulang sekolah. Dari fenomena tersebut, peneliti bertujuan
untuk menjelaskan implementasi metode ceramah dan tanya jawab terhadap
efektivitas pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah
Condongcatur sekaligus faktor yang mendukung dan menghambat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Informan penelitian terdiri dari guru Pendidikan Kemuhammadiyahan
dan siswa di SD Muhammadiyah Condongcatur. Teknik penentuan informan
dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
serta teknik analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ceramah dan
tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan di SD
Muhammadiyah Condongcatur dapat diterapkan dan memiliki efektivitas baik
terhadap pembelajaran di kelas karena dikombinasikan dengan metode bercerita.
Kemudian ditemukan faktor-faktor pendukung dan penghambat, keduanya
memiliki keterkaitan satu dengan lainnya yang memberikan efek atau dampak pada
proses pembelajaran di kelas.
Collections
- Islamic Education [862]