Implementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (Btaq) Pasca Ptmt Di Sd Muhammadiyah Pakem
Abstract
Penelitian Implementasi Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
(BTAQ) pasca PTMT di SD Muhammadiyah Pakem ingin menemukan bagaimana
perbedaan Implementasi Metode Pembelajaran BTAQ, Faktor Pendukung &
Penghambat, dan Hasil pada masa PTMT dan Pasca PTMT di SD Muhammadiyah
Pakem. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah peneliti ingin mendeskripsikan
mengenai Implementasi Metode Pembelajaran BTAQ, Faktor Pendukung &
Penghambat, serta Hasil dari BTAQ pada masa PTMT dan Pasca PTMT di SD
Muhammadiyah Pakem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berisi penjelasan
mengenai data yang diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data
yang digunakan, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah
didapat kemudian dianalisis tiga prosedur, yaitu mereduksi data, memaparkan data
tersebut, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) implementasi
pembelajaran menggunakan metode Iqro’ secara privat. Pada masa PTMT
dilakukan secara daring melalui video call. Sedangkan pada masa pasca PTMT
dilakukan secara offline. 2) faktor pendukung & penghambat pembelajaran BTAQ
pada masa PTMT: handphone, wifi/paket data, kerja sama antara guru dengan orang
tua, dan kemampuan siswa. Sedangkan pasca PTMT yaitu kerja sama antara guru
dengan orang tua siswa, dan kemampuan konsentrasi siswa. 3) hasil pembelajaran
BTAQ pada masa PTMT: kurang berhasil sedangkan pasca PTMT masih belum
terlihat namun sejauh ini perkembangannya baik.
Collections
- Islamic Education [861]