Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Pada Pelajaran Pai Di Sma Uii Yogyakarta (Studi Kasus Pada Siswa Berasrama Di Pondok Pesantren)
Abstract
Pandemi covid-19 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya
Pendidikan, pembelajaran di sekolah akibat dampak dari covid-19 mengadopsi cara
baru yakni pembelajaran berbasis elektronik/E-learning. E-learning ini adalah salah
satu aspek pembelajaran yang mengapdopsi teknologi untuk dapat interaksi antara
guru dan murid. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
implementasi E-learning di SMA UII Yogyakarta dan untuk menganalisis dampak
penerapan metode E-learning dalam pembelajaran PAI di SMA UII Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. objek
dalam penelitian ini adalah siswa SMA UII khususnya yang tinggal di pesantren,
guru PAI, Guru-guru serta kepala sekolah SMA UII Yogyakarta. Teknik yang
digunakan dalam menentukan objek penelitian ini menggunakan Teknik purposive
sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang dapat memperkuat alasan seseorang
menjadi objek penelitiannya. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Implementasi metode pembelajaran E-learning pada mata pembelajaran
PAI di SMA UII Yogyakarta yang khususnya untuk peserta didik dimulai dengan
penyiapan pembelajaran E-learning oleh guru pengajar, impementasinya melipuati:
pembuatan RPP sesbelum diimpelementasikan di E-learning Kemudian guru
menyampaikan pembelajaran dan menampilkan layar proyektor guna peserta didik
yang tidak membawa alat komunikasi bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.
Penggunaan metode pembelajaran E-learning memberi dampak yang cukup
signifikan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan
pembelajaran guru yang menggunakan media E-learning dalam bentuk penugasan
dengan demikian pembelajaran E-learning tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga
aplikatif dibuktikan dengan adanya penggunaan media pembelajaran berupa Elearning.
Collections
- Islamic Education [864]