Browsing Islamic Education by Title
Now showing items 333-352 of 862
-
Manajemen Kelas dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Kelas VIII Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2020-07-07)Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan untuk menghafal Al Qur’an, tetapi masih sering dijumpai kelemahan dan kekurangan yang ada di lembaga tersebut. Di antara lembaga itu adalah pondok pesantren hamalatul quran ... -
Manajemen Penanaman Nilai Karakter Islam Melalui Kegiatan Bpi (Bina Pribadi Islam) bagi Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Insan Madani Semarang
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Berbagai fenomena merosotnya nilai karakter Islam yang terjadi di Indonesia belakangan ini, maka dalam dunia pendidikan diperlukan upaya dalam membentuk karakter Islam, sehingga diperlukan manajemen dalam menanamkan nilai ... -
Manajemen Pendidikan Karakter Pada Masa Keemasan Anak Di Tk Sultan Agung Nglanjaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
(UII, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter anak pada masa keemasan (golden age) di kelas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi atau penilaian pada nilai-nilai karakter ... -
MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA HIDAYATULLAH, BELU, NTT
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-08-14)Manajemen merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Semua bagian dalam manajemen memberi peranan penting untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dibangun. RA Hidayatullah merupakan ... -
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-06-06)Manajemen merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, tanpa manajemen maka lembaga pendidikan tersebut seperti halnya berjalan tanpa anggota tubuh dan tujuan, seluruh bagian dalam manajemen ... -
Metode Menghafal Al-Qur’an di Sdit Salsabila 2 Klaseman, Ngaglik, Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Latar belakang penelitian ini adalah kita selalu dituntut untuk memelihara dan menjaga Al-Qur’an salah satunya dengan menghafalkannya. Di era yang sudah modern ini, dengan percampuran budaya yang dapat kita saksikan dan ... -
METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGOPTIMALAN PERKEMBANGAN GOLDEN AGE ANAK USIA DINI DI TK BIANGLALA YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Anak usia dini identik dengan masa golden age, masa tersebut merupakan usia keemasan anak. di periode ini perkembangan otak anak akan mencapai 80%. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan karena banyak lembaga ... -
Metode Pembelajaran Kaligrafi Lukis Dalam Peningkatan Keterampilan Melukis Santri Di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Kaligrafi lukis merupakan salah satu kegiatan yang diadakan di TPA Al-Furqon Tiram, Bangka Selatan untuk para santri kelas TPQ. Dengan prestasi para santri yang cukup membanggakan dalam bidang kaligrafi dan waktu yang ... -
Metode Pembelajaran Pada Pondok Modern Jawa (Monja) di Pondok Modern Jawa Hanacaraka Wonogiri
(Universitas Islam Indonesia, 2015-12-12)Pondok pesantren adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu, khususnya dalam ilmu agama, keberadaan pondok sudah ada sejak dulu bahkan sebelum negara ini merdeka. Pondok pesantren dalam prakteknya dibagi menjadi beberapa ... -
Metode Pembelajaran Shalat dan Wudhu bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri 1 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Anak tunagrahita memiliki keterbatasan kecerdasan akademik, IQ dibawa rata-rata, daya ingat yang lemah, serta perkembangannya lambat. Sehingga membutuhkan binaan khusus. Meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki anak ... -
METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN (Studi Komparasi Pada Pondok Tahfizh Hamalatul Qur’an Bantul dan Pondok Tahfizhul Qur’an SahabatQu Depok Sleman)
(Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat realitas pendidik dan peserta didik di Indonesia yang selalu mengutamakan pendidikan umum dan sering menafikan pendidikan Al-Qur’an. Ini merupakan suatu masalah yang ... -
METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN BERBASIS MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-04-04)Tahfizh al-Qur’an adalah usaha orang untuk menghafal al-Qur’an. Dalam tahfizh al-Qur’an siswa, guru di Madrasah harus terlibat didalamnya saling membantu dan mendukung agar tujuan yang di inginkan tercapai. Tujuan penelitian ... -
Metode Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada Program Bina Diri Siswa Tunagrahita di SDLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik
(Universitas Islam Indonesia, 2020)METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PROGRAM BINA DIRI SISWA TUNAGRAHITA DI SDLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK Oleh : Mila Ulfah Fadhila Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak pada ... -
METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA PROGRAM BINA DIRI SISWA TUNAGRAHITA DI SDLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK
(Universitas Islam Indonesia, 2020-12-21)Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak pada anak sedini mungkin sebagai fondasi untuk mencegah terjadinya krisis moral dan agama dimasa dewasanya. Namun, menjadi persoalan tersendiri ... -
Metode Penanaman Nilai-nilai Akidah dan Dampaknya Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Sunan Pandanaran Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Setiap orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, dan menanamkan nilai-nilai akidah kepada anaknya sejak usia dini. Ada banyak cara untuk menanamkan akidah pada anak usia dini, salah satunya dengan memberikan stimulasi ... -
Metode Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Dan Relevansinya Di Era Society 5.0
(Universitas Islam Indonesia, 2022-09-28)Pada saat ini kondisi Pendidikan akhlak anak sudah sangat menurun drastis, apalagi tentang akhlak ini sudah banyak sekali perbincangan orang tua di rumah dan guru di sekolah. Adapun permulaan terjadi kondisi seperti ini, ... -
Metode Pengajaran Wudlu dan Shalat Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita) di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2011)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan guru Pendidikan Agama islam untuk menyampaikan materi pelajaran agama Islam khususnya materi wudlu dan shalat terhadap anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita ... -
Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Peserta Didik di SD Muhammadiyah Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh begitu kompleksnya pengaruh lingkungan sekolah dalam proses belajar peserta didik menjadikannya kendala, ketika guru sebagai pengajar tidak hadir di kelas untuk memberikan ... -
MODEL PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING DAN KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BIMBINGAN KONSELING DI MAN 4 BANTUL
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-08)Pada umumnya layanan bimbingan konseling disekolah ada sebagai wadah yang memfasilitasi tiap siswa untuk berkonsultasi mengenai tiap permasalahan disekolah seperti, masalah dalam belajar, sosial, pribadi, hingga karir. ... -
MODEL PEMBELAJARAN AFEKSI PESERTA DIDIK DI SDIT SALSABILA 8 PANDOWOHARJO SLEMAN
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2020-12-23)Pembelajaran afeksi adalah pembelajaran yang mempunyai tujuan bukan hanya untuk mencapai pendidikan koginitif saja, akan tetapi juga bertujuan untuk mencapai dimensi yang lainya, yaitu sikap dan ketrampilan. Namun ...