Implementasi Media Kartu Minid (Domino Tajwid) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Tajwid Di Tpa Al Iman, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Salah satu lembaga pendidikan Islam yang banyak muncul di masyarakat
adalah TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). TPA selaku lembaga pendidikan anak
usia dini (PAUD) terfokus kepada pembelajaran Al-Qur’an dan agama Islam.
Sehingga penting untuk TPA mengetahui bagaimana mengajarkan cara membaca
Al-Qur’an dengan baik dan benar melalui pembelajaran tajwid dengan cara yang
tepat dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi media kartu Minid
(Domino Tajwid) untuk meningkatkan pemahaman materi tajwid di TPA Al-Iman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian
lapangan. Subjek penelitian ini adalah takmir/pembimbing TPA, Pengajar TPA,
dan santri dari kelas iqro’5, iqro’ 6, dan Al-Qur’an. Objek penelitian ini adalah
implementasi dan hasil implementasi media kartu Minid (Domino Tajwid) yang
diterapkan di TPA Al-Iman. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan tiga tahapan Implementasi Media Kartu
Minid dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Tajwid di TPA Al-Iman yaitu;
pembuatan prototype kartu Minid dan melakukan pre-test. Tahapan pelaksanaan
meliputi uji coba media kartu Minid. Tahapan evaluasi berupa pelaksanaan post-
test. Dalam penelitian ini juga terdapat faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi hasil Implementasi Media Kartu Minid.
Collections
- Islamic Education [862]