Implementasi Metode Ceramah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Slb Tunas Kasih 2 Turi
Abstract
Anak berkebutuhan khusus atau inklusi adalah anak yang memiliki karakteristik
yang berbeda dengan anak yang lain, memiliki kekurangan ataupun kelebihan
tersendiri. Anak berkebutuhan khusus memiliki beberapa jenis yaitu tunanetra,
tunarungu, tunagrahita, tunadaksa dan autis. Sedangkan metode ceramah itu adalah
penyampaian informasi yang dilakukan secara langsung atau lisan oleh seorang
pengajar ataupun guru kepada orang lain tanpa menggunakan alat apapun.Metode
ceramah ini ada beberapa kekurangan dan kelebihan antara lain metode ini murah dan
sangat mudah untuk dilakukan, guru juga dapat dengan mudah untuk menguasai kelas.
Sedangkan kekurangannya sendiri yaitu materi yang dikuasai siswa sangat terbatas,
akan menimbulkan kebosanan dan kejenuhan oleh siswa, proses pembelajarannya juga
lebih pasif.
Peneliti melakukan penelitian di SLB Tunas Kasih 2 Turi dengan menggunakan
proses pendekatan kualitatif, teknik penentuan informan dengan menggunakan
prosedur purposive sampling atau sebuah startegi penelitian dengan cara menentukan
informan sesuai dengan yang ada di kriteria ini. Sedangkan teknik pengumpulan data
didalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yang pertama dengan metode
wawancara, yang kedua dengan menggunakan metode observasi dan menggunakan
metode dokumentasi.
Setelah peneliti melakukan penelitian di SLB Tunas kasih 2 Turi. Mendapatkan
hasil implementasi dengan menggunakan metode ceramah ini untuk sebagian siswa
dan siswi efektif atau mudah untuk dipahami namun untuk sebagian siswa dan siswi
juga tidak efektif atau susah untuk dipahami. Selain itu ada beberapa faktor penghalang
dan penghambat dalam menggunakan metode ceramah yaitu materi yang disampaikan
oleh pengajar kurang menarik, selain itu anak berkebutuhan khusus memilki kebutuhan
yang berbeda-beda sehingga masing-masing karakter siswa berbeda-beda.
Collections
- Islamic Education [864]