Implementasi Media Flashcard Hijaiyyah untuk mengatasi Kesulitan Membaca Iqro’ (Studi Kasus di SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu pembelajaran basic di dalam
agama Islam, tetapi di zaman saat ini masih banyak orang yang belum medapatkan
salah satu pendidikan agama tersebut di tengah majunya teknologi saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimana implementasi flashcard
hijaiyyah untuk mengatasi kesulitan membaca iqro’ pada siswa-siswi SD Negeri
Gayamharjo. 2). Mengetahui bagaimana faktor pendukung maupun penghambat
dari implementasi flashcard hijaiyyah untuk mengatasi kesulitan membaca iqro’ di
SD Negeri Gayamharjo, Kalinongko Kidul, Gayamharjo, Kec. Prambanan, Kab.
Sleman, Yogyakarta. 3). Mengetahui bagaimana dampak dalam kesulitan belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan dengan metode
kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 3 peserta didik kelas 3 dan seorang guru
PAI SD Negeri Gayamharjo, dengan objek penelitian berupa media pembelajaran
flashcard hijaiyyah. Menggunakan teknik Purposive Sampling dalam menentukan
subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menemukan metode pembelajaran menggunakan flashcard
hijaiyyah yang diimplementasikan di kegiatan ekstrakulikuler Baca Tulis Al-
Qur’an (BTA) tersebut melakukan 2 siklus dengan melalui tiga tahapan, yakni
persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Beberapa faktor internal maupun eksternal
yang menjadi pendukung maupun kendala peserta didik dalam kesulitan membaca
iqro. Untuk pendukung sendiri di antaranya ialah, 1). Faktor Internal: penyesuaian
diri, orientasi belajar, penilaian terhadap diri sendiri, karakteristik pribadi. 2).
Faktor eksternal mencakup relasi guru-siswa, relasi siswa dan orang tuanya, dan
yang terakhir relasi teman. Sedangkan untuk penghambatnya mencakup, 1). Faktor
Internal: kurangnya minat, kurangnya motivasi, kurangnya latihan atau muraja’ah
bacaan, kurangnya konsentrasi. 2) Faktor eksternal, yang mencakup kurangnya
bimbingan orang tua, fasilitas pendidikan, variasi mengajar guru serta faktor
lingkungan yang ada di rumah peserta didik. Serta dampak dalam kesulitan belajar
bagi peseta didik SD Negeri Gayamharjo.
Collections
- Islamic Education [863]