Implementasi Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Fikih untuk mengaktifkan Pembelajaran Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Gayam Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Permasalahan yang dihadapi MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo yaitu
kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran fikih.
Sehingga dengan begitu guru tidak mengetahui siswa yang sebenarnnya belum faham
terhadap pembelajaran tersebut. Kurangnya metode pembelajaran yang efektif pada mata
Pelajaran fikih menjadikan peserta didik pasif dalam pembelajaran dan kurangnya
pemahaman mengenai hukum - hukum islam. Masalah ini harus segera diatasi karena
pentingnya pembelajaran fikih di MI Muhammadiyah Gayam karena mata pelajaran ini
sebagai pedoman dalam kehidupannya sehari-hari serta peserta didik nanti dapat
mengamalkannya pada dirinya ataupun lingkungan masyarakat sehingga menjadi pribadi
yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
karena penelitian ini dilakukan dengan kondisi yang alamiah (natural setting). Penelitian
ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah praktis dalam masyarakat, teknik
pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan
angket dengan informan penelitian adalah guru mata pelajaran fikih dan peserta didik
kelas II MI Muhammadiyah Gayam Sukoharjo. Tehnik keabsahan data menggunakan
triangulasi dan analisis data menggunakan model milik Miles and Hubarman reduksi,
penyajian data, verifikasi data, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian ini adalah keaktifan siswa kelas II MI Muhammadiyah Gayam
Sukoharjo lebih meningkat dibading sebelum adanya penerapan metode demonstrasi
karena dengan adanya metode demonstrasi peserta didik jadi lebih aktif dan ikut
berkontribusi dalam parktik pada materi shalat. Hal ini berdampak kepada pemahaman
peserta didik yang lebih bermakna sehingga mudah diingat dan dipraktikkan di kehidupan
sehari-harinya.
Collections
- Islamic Education [907]