Islamic Economics
Browse by
Recent Submissions
-
Pengaruh Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Perusahaan Yang Listing Di JII Periode Tahun 2007-2010
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Judul penelitian ini adalah analisis rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba perusahaan yang listing di JII periode tahun 2007-2010. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis secara empiris apakah ... -
Preferensi Pengusaha UKM Untuk Menjadi Nasabah Perbankan Syariah Di Semarang Tahun 2012 ( Studi di Kec. Bawen, Kec. Bandungan, Kec. Bergas )
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Sejak tahun 1992, mulai beroperasi apa yang dimaksud dengan dual banking system di Indonesia. Perbankan konvensional yang menerapkan bunga berjalan berdampingan dengan perbankan syariah yang mendasarkan kepada sistem ... -
Strategi Doa Ibu Coffee Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2021-09-16)Doa Ibu Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di ruas jalan utama Kaliurang. Doa Ibu Coffee termasuk kedai kopi yang dapat bertahan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ... -
Strategi Doa Ibu Coffee Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2021-09-16)Doa Ibu Coffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di ruas jalan utama Kaliurang. Doa Ibu Coffee termasuk kedai kopi yang dapat bertahan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ... -
Kontribusi Lembaga Amil Zakat “Dompet Dhuafa Jogja” Terhadap Fakir Miskin (2010-2011)
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Dalam upaya mengentasan kemiskinan (poverty alleviation), Islam memiliki misi kontribusi kepada kaum lemah. Urgensi dari kontribusi inilah dimaksudkan sebagai keberpihakan Lembaga Amil Zakat dalam mempersempit ketimpangan ... -
Analisis Strategi Bauran Promosi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cv. Aprilian Jaya Barokah)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-12-17)CV. Aprilian Jaya Barokah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konveksi dengan konsisten menerapkan strategi bauran promosi secara online dalam pemasarannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana ... -
Analisis Pengaruh Efektivitas Dan Religious Activity Bsi Mobile Terhadap Loyalitas Nasabah Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Sleman)
(Universitas Islam Indonesia, 2021-12-06)Perkembangan teknologi yang semakin pesat dimanfaatkan langsung oleh industr i perbankan khususnya perbankan syariah dengan memunculkan inovasi produk digita l. BSI Mobile merupakan salah satu produk digital dari Bank ... -
Analisis Pemanfaatan Bsi Mobile Dan Qr Standar Indonesia Studi Kebijakan Bank Syariah Indonesia Kc Bima Soetta 2
(Universitas Islam Indonesia, 2021-10-14)Peran ekonomi syariah sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia diperlukan integrasi setiap elemen ekonomi syariah yang tercermin dalam ekosistem ekonomi syaraiah yang kuat. Tujuan penelitian ... -
Pengaruh Nilai Pelanggan (Customer Value) Terhadap Loyalitas Nasabah PT. BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga Yogyakarta Tahun 2010-2011
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Penelitian ini bertujuan untuk mengukur faktor-faktor mana dari variabel nilai pelanggan (customer value) yang berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap loyalitas nasabah PT. BPRS Bangun Drajat Warga ... -
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelayanan BMT Al-Muthi’in Terhadap Kepuasan Nasabah Tahun 2012
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Pelayanan yang diberikan BMT AL-MUTHI’IN menjadi standar kinerja bagi perusahaan jasa dan merupakan faktor terpenting bagi kepuasan nasabah/ pelanggan. Namun bila dilihat dari berbagai potensi yang dimiliki industri ... -
Manajemen Pemasaran Industri Kreatif Busana Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Toko Busana Muslim Kiswah)
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Muslim fashion is a form of creative industries which is developing rapidly at present. A wide range of stores or boutiques scattered throught out the moslem Indonesia compete in the marketing of busanmuslim clothing in ... -
Pengaruh Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik terhadap Harga Saham di Pasar Modal Syari’ah (Studi Empiris JII di BEI Tahun 2007-2010)
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Keberadaan pasar modal syariah membuat investor harus menyingkirkan sikap irrasional mereka dengan mengetahui seluk beluk emiten sebelum mereka mengambil keputusan dalam berinvestasi. Salah satu model yang dapat ... -
Penerapan Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudharabah Di Bank BTN Syariah Kantor Cabang Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Pembiayaan Mudarabah adalah pembiayaan yang memiliki resiko tinggi dan hampir dipastikan akan terjadi hubungan kontrak keuangan yang lebih dikenal dengan hubungan agency (agency contractual). Dengan demikian, terjadi ... -
Preferensi Pesantren Terhadap Kesyariahan Bank Syari’ah (Studi Komparatif Pesantren Muhammadiyah (Maskumambang) Sembungan Kidul , Dukun, Gresik Dan Pesantren Nahdhotul Ulama’ (Qomaruddin) Sampurnan , Bungah , Gresik Provinsi Jawa Timur ) Tahun 2012
(Universitas Islam Indonesia, 2012)PREFERENSI PESANTREN TERHADAP KESYARIAHAN BANK SYARIAH (Studi Komparatif Pesantren Muhammadiyah (Maskumambang) Sembungan Kidul , Dukun, Gresik Dan Pesantren Nahdhotul Ulama’ (Qomaruddin) Sampurnan , Bungah , Gresik ... -
Analisis Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Islami Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam di Yogyakarta (Studi di UII, UIN, dan UMY)
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Perkembangan teknologi dan kebudayaan mempengaruhi sikap dan gaya hidup seseorang. Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” yang berinteraksi dengan lingkungannya. Salah satu gaya hidup yang sedang trend ... -
Analisis Perbandingan Perencanaan Keuangan Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam (FIAI) Dengan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi (FE) UII Dalam Perspektif Keuangan Islami
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Dengan berkembangnya gaya hidup yang semakin konsumtif, naiknya inflasi yang membuat kebutuhan hidup di masa yang akan datang akan semakin mahal. Perencanaan keuangan dalam perspektif keuangan islami sangat dibutuhkan ... -
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Penghimpunan Dan Pendistribusian Dana Zis Pada Lembaga Rumah Zakat Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2021-10-19)Pandemi Covid-19 menyebabkan berkurangnya interaksi antar masyarkat. Karena pemerintah menerapkan Social distancing dan memberlakukan PSBB hingga PPKM, sehingga membuat pergerakan masyarakat menjadi terbatas. Efeknya berimbas ... -
Manajemen Sumber Daya Manusia Di Bmt Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta Periode 2010-2012 (Human Resource Development at BMT BinaIhsanul Fikri Yogyakarta Period 2010-2012)
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Keberadaan manajemen SDM sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur, mengurus, dan menggunakan SDM sehingga dapat berfungsi secara produktif, efektif dan efesien untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajemen ... -
Manajemen Risiko Asuransi Kendaraan Bermotor Bumida 1967 Unit Syariah (Bumida Syariah) Cabang- Yogyakarta Dalam Perspektif Ekonomi Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Asuransi syariah, sebagai salah satu lembaga keuangan syariah dihadapkan pada dua macam risiko. Dua jenis risiko tersebut adalah risiko yang lazim dihadapi oleh lembaga keuangan dan risiko unik yang melekat dalam sikap ... -
Operasional Kerugian Perbagian (Partial Loss) Dan Pihak Ketiga (Third Party) Pada Asuransi Mobil Di PT. Bumida Bumiputera Syari’ah Perspektif Keuangan Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2012)Usaha asuransi syari’ah khususnya asuransi kendaraan Mobil, terbuka lebar karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah muslim dan volume kendaraan bermotor (Mobil) juga meningkat begitu pesat. Selain itu, masyarakat ...