Islamic Economics
Browse by
Recent Submissions
-
Implementasi Penyaluran Dana Zakat Pada Mustahik di Baznas Kabupaten Tuban Perspektif Fiqh Zakat
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh BAZNAS Kabupaten Tuban dalam pengelolaan zakat sebagai upaya pengentasan kemiskinan untuk kemaslahatan umat. Dengan menggunakan pendekatan ... -
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Global Shipping Industry Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)UMKM dalam bidang home & décor di Provinsi Jawa tengah ikut terdampak pandemic covid-19 dalam kegiatan perdagangan internasional yakni penurunan penjualan dan distribusi barang yang mengalami perlambatan salah satu nya ... -
Strategi Pengembangan Usaha Bisnis Floury Pada Aspek Produksi
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Dewasa ini, bisnis camilan merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang besar dalam mendapatkan keuntungan. Hal ini yang membuat penulis tergerak untuk kemudian membangun sebuah bisnis yang berfokus pada camilan ... -
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Muslim Melakukan Pinjaman Online Syariah Factors Affecting The Interest Of Muslim Students To Do Sharia Online Loans
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Perkembangan teknologi informasi dan meningkatnya kesadaran masyarakat muslim terhadap gaya hidup yang halal mendorong tingginya perubahan dibeberapa aspek kehidupan seperti keuangan yakni bertransaksi secara virtual ... -
Penerapan Manajemen Risiko Operasional Dana Zakat Pada Era New Normal (Studi Kasus: Baznas Daerah Istimewa Yogyakarta)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Pada institusi zakat sangat mungkin terkena berbagai risiko operasional seperti transparansi alokasi dana zakat yang dapat menyebabkan kepercayaan masyarakat menurun, risiko lumpuhnya sistem jaringan/IT yang dapat ... -
Pengembangan Sistem Pencatatan Keuangan Usaha Pada Bisnis Floury
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023)Makanan merupakan sebuah kebutuhan primer, yang artinya makanan merupakan sebuah kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa ditinggalkan dan dilakukan manusia secara berulang-ulang. Oleh karena itu, dengan adanya konsumsi ... -
Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Nasabah Muslim Dalam Menggunakan Aplikasi Jenius Pada Btpn
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) menghadirkan layanan perbankan berbasis teknologi berbentuk aplikasi mobile banking yaitu Jenius. Sejak hadirnya aplikasi Jenius pada tahun 2016 hingga 2021 pertumbuhan nasabah ... -
Penerapan Tam (Technology Acceptance Model) Dalam Implementasi Wakaf Uang Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Fiai Uii)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Sebagai upaya mengurangi angka kemiskinan Islam menitik beratkan kepada keadilan ekonomi pada pendistribusian pendapatan. Islam sudah menyediakan berbagai instrumen untuk dapat merealisasikan ini salah satunya wakaf uang. ... -
Strategi Pengembangan Bisnis Floury Pada Divisi Pemasaran
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Kuliner merupakan produk yang sangat berpotensi dalam dunia bisnis. Tingginya tingkat pada permintaan masyarakat terhadap bisnis kuline menjadikan bisnis kuliner berkembang dalam berbagai ide serta inovasi-inovasi terbaru ... -
Eksplorasi Perilaku Donasi K-Popers Muslim Indonesia : Motivasi Religius Atau Conspicuous Donation Behaviour (Studi Kasus : K-Popers Muslim Di Yogyakarta)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)K-pop adalah industri asal korea selatan yang saat ini sedang booming dikalangan milenial dan generasi Z, baru-baru ini aksi Kpopers muslim di Indonesia sempat menghebohkan netizen dengan loyalitas dan keperdulian mereka ... -
Rena Recycling Project : Rebranding Produk Kerajinan Daur Ulang Sampah Plastik (Bidang Produksi)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Sampah plastik menjadi momok mengerikan bagi lingkungan. Pasalnya setiap hari masyarakat memproduksi sampah plastik yang sangatlah banyak, terebih sampah plastik memerlukan puluhan bahkan ratusan tahun lamanya agar bisa ... -
Penerapan Healthy Drink Dan Green Product Terhadap Bisnis Minuman Jeruk (Jerukin) Bidang Pemasaran Implementation Of Healthy Drink And Green Product To Orange Beverages Business (Jerukin) Marketing Division
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023)Manusia memiliki beberapa jenis kebutuhan baik primer, sekunder dan tersier. Salah satu kebutuhan primer manusia adalah minuman. Bisnis minuman termasuk dalam peluang yang sangat potensial karena kebutuhan manusia ... -
Analisis Tingkat Kesehatan Kinerja Keuangandan Manajemen Di Baznas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Di Indonesia pada undang-undang No .23 tahun 2011 zakat harus dikelola secara melembaga sesuai dengan syariat islam, amanah, kemanfaatan keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas supaya dapat meningkatkan ... -
Perilaku Belanja Online Mahasiswa Muslim Yogyakarta (Studi Pada: Universitas Islam Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Teknologi komunikasi dan informasi kini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan perubahan zaman. Saat ini banyak pelaku usaha dan konsumen yang beralih ke internet karena platform tersebut sangat menekan ... -
Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Dan Religiusitas Terhadap Pepenggunaan Linkaja Syariah Pada Generasi Z (The Effect Of Knowledge, Convenience And Religiusity On The Use Of Linkaja Sharia In Generation Z)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Pengguna dompet digital hingga saat ini terus mengalami peningkatan. Akan tetapi masyarakat jarang sekali ada yang menggunakan dompet digital berbasis syariah yakni LinkAja Syariah. Hal ini dikarenakan masih banyak ... -
Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah, Religiusitas, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Berkarir Di Perbankan Syariah
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-02)Pilihan karir bagi lulusan mahasiswa dari jurusan Perbankan Syariah tidak tertutup pada profesi Banker saja, banyak pilihan profesi yang dapat diselami oleh mereka tergantung faktor-faktor yang ... -
Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan Dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Pengajuan Kpr Syariah Di Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim (The Influence Of Religiusity, Belief And Product Knowledge On Interest To Apply Sharia Kpr At Bank Syariah Indonesia (Bsi) Kc Madiun Agus Salim)
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023)Penerbitan KPR Syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan salah satu bentuk produk Syariah pada pembiayaan yang merupakan pilihan tepat untuk masyarakat yang ingin mendapatkan hunian dengan sistem pembayaran yang ... -
Tinjauan Keberlanjutan Program Zakat Produktif Terhadap Pendapatan Mustahik Pada Baznas Kabupaten Kampar The Review Of The Sustainability Of Productive Zakat Program About Mustahik Income At Baznas In Kampar Regency
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Zakat produktif merupakan model pendistribusian zakat yang dapat membuat para mustahiq menghasilkan sesuatu secara terus menerus dengan harta zakat yang telah diterima. Zakat produktif adalah harta zakat yang diberikan ... -
Mie Bakso Tenda Biru: Pengembangan Produk Bakso Dan Mie Ayam Tenda Biru
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Industri makanan pada saat ini menjadi produk yang sangat potensial dalam dunia perbisnisan. Adanya tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi menjadikan faktor berkembang pesatnya berbagai ide bisnis guna untuk memenuhi ... -
Pengaruh Pengetahuan, Keamanan Dan Persepsi Risiko Investasi Terhadap Minat Generasi Z Dalam Berinvestasi Emas Digital: Studi Pada E-Mas Bsi Mobile
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki nilai yang akan terus meningkat. Emas menjadi salah satu pilihan alternatif dalam berinvestasi dikarenakan transaksi jual beli mas yang fleksibel dan nilai emas ...