Islamic Economics
Browse by
Recent Submissions
-
Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Penggunaan Electronic Money Pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Adanya sistem pembayaran non tunai yang semakin populer membuat masyarakat terutama mahasiswa lebih mudah untuk bertransaksi. Sehingga perlu adanya analisis faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan uang elektronik ... -
Pengaruh Customer Review, Affiliate Marketing, Paylater, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Impulse Buying
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer review, affiliate marketing, paylater, dan literasi keuangan syariah terhadap impulse buying. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui ... -
Analisis Penggunaan Teknologi Pembayaran Digital Pada Mahasiswa Universitas Islam di Yogyakarta dengan Pendekatan Religiusitas dan TAM
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan mobile payment technology pada mahasiwa universitas islam di Yogyakarta dengan pendekatan TAM dan religiusitas. Saat ini trend transaksi pembayaran sudah mulai ... -
Penerapan Konsep Sustainability Dan Etichal Fashion Pada Bisnis Hijab Lauree Bidang Keuangan
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Lauree Hijab, bisnis baru yang mengusung konsep "sustainable fashion", mulai beroperasi sejak Desember 2023. Fokus utamanya adalah produksi hijab yang ramah lingkungan dan menghasilkan sedikit limbah. Namun, dalam tahap ... -
Penerapan Konsep Sustainability dan Ethical Fashion pada Bisnis Hijab Lauree Bidang Produksi
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Lauree adalah sebuah brand bisnis hijab yang memiliki makna dari Bahasa Perancis yaitu pohon salam. Kaitannya pohon salam dengan konsep sustainable fashion yang dibangun untuk brand Lauree ini secara tidak langsung dapat ... -
Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Media Sosialterhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopeepay
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan, religiusitas dan media sosial terhadap perilaku konsumtif pengguna shopeepay. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan menggunakan ... -
Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Penggunaan Chatbot Aisyah BSI menggunakan Teori UTAUT 2
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunaan chatbot Aisyah BSI. Dewasa ini, inovasi perbankan dalam memanfaatkan teknologi yaitu dengan cara untuk menggabungkan ... -
Pengaruh Religiusitas, Halal Awareness, dan Customer Percived Value Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal pada Mahasiswa Muslim
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kosmetik merupakan salah satu produk farmasi yang digunakan oleh semua kalangan dengan tujuan untuk memperbaiki kerusakan kulit, menutupi bekas luka dan merawat kulit dari luar. Menurut data dari Beauty index pengguna ... -
Pengaruh Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Pasca Serangan Siber
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengaruh kepuasan nasabah, kualitas layanan, dan kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia pasca serangan siber. Sampel yang diambil dalam ... -
Penggunaan Platform Pembayaran Digital Oleh Generasi Z di Yogyakarta: Analisis Pengalaman dan Peran Literasi Keuangan Syariah
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman yang dialami penggunaan pembayaran digital oleh Generasi z yang ada di D.I Yogyakarta serta sejauh mana literasi keungan syariah yang mereka miliki untuk menentukan ... -
Dampak Penyelesaian Kasus Skimming Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BSI KCP FE UII
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Kasus skimming telah menjadi permasalahan serius dalam dunia perbankan. Penyelesaian kasus skimming tidak hanya berdampak pada reputasi bank tetapi juga loyalitas nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ... -
Trend Pengguaan Media Sosial dalam Strategi Branding Lembaga Filantropi
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Di era ini, kemajuan teknologi media sosial yang perkembangannya sangat pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi menjadi sebuah trend kehidupan. Penggunaan media sosial memudahkan manusia dalam melakukan interaksi ... -
Strategi Pengembangan Branding dan Marketing pada Produk Tas 2in1 Alinea
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Mayoritas orang membutuhkan tas ketika mereka akan berkegiatan diluar rumah seperti, sekolah, kuliah, kerja, ataupun rekreasi. Selain itu, tas juga memiliki nilai tersendiri dalam menunjang penampilan, khususnya untuk ... -
Pengaruh Good Corporate Governance , Leverage, Size, dan Age Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi besar dalam hal penetrasi keuangan syariah. Sejak peluncurannya, Asuransi Syariah terus mengalami pertumbuhan ... -
Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Terhadap Niat Berzakat Pengusaha Muslim Kabupaten Indramayu
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Zakat tijarah merupakan salah satu dari jenis zakat harta yang wajib ditunaikan oleh pengusaha muslim, karena dalam syariat islam ada etika bisis yang harus dijalankan oleh pengusaha muslim agar mendapatkan keuntungan ... -
Pengaruh Three Factor Fama and French Model Terhadap Excess Return Pada Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2019-2022
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelilitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaiman pengaruh market faktor, Small Minus Big (SMB), dan High Minus Low (HML) terhadap excess return saham pada perusahaan Jakarta Islamic Index (JII) baik secara ... -
Valuasi Harga Saham dengan Metode Gordon Growth Model, Dcf-fcff, dan EV/ebitda Pada Emiten Healthcare Syariah (2018-2022)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat perekonomian masyarakat indonesia yang kunjung membaik setelah dilanda pandemi covid-19, disisi lain perusahaan sub sektor healthcare merupakan perusahaan yang paling stabil ... -
Analisis Strategi Pemasaran Pemasaran Produk Allisya (Allianz Syariah) Protection Life PT. Asuransi Allianz Life Indonesia Cabang Cirebon-Kesambi
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pintingnya asuransi dalam kehidupan masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat di Indonesia masih banyak yang lebih ... -
Pengaruh Sikap Mandiri, Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi dan Religiusitas Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Islam di Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap mandiri, pengetahuan kewirausahaan, motivasi dan religiusitas terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa universitas Islam di Yogyakarta. Kesenjangan yang terjadi ... -
Wedang Rempah Ningrat: Inovasi Minuman Sehat Kekinian Berbasis Rempah dengan Kemasan Celup dan Botol Reusable
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Saat ini telah banyak masyarakat memanfaatkan rempah-rempah untuk berbagai keperluan, salah satunya pemanfaatannya adalah untuk kesehatan baik digunakan sebagai obat tradisional maupun sebagai minuman fungsional. Minuman ...