Browsing Faculty of Islamic Studies by Title
Now showing items 682-701 of 2476
-
Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr) dalam meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV MI Sunan Pandanaran
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Bahasa Arab di sekolah MI (Madrasah Aliyyah) tentunya tidaklah mudah, karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Oleh karena itu, ... -
Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr) dalam meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV MI Sunan Pandanaran
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Bahasa Arab di sekolah MI (Madrasah Aliyyah) tentunya tidaklah mudah, karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Oleh karena itu, ... -
Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al- Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penggunaan metode pembelajaran memberikan peran sentral dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Ditengah gemuruhnya metode pembelajaran Al-Qur’an SD Islam Cahaya Ilmu dengan segala pertimbangannya memilih ... -
Implementasi Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN Simalungun Sumatra Utara
(Universitas Islam Indonesia, 2019-09-24)Implementasi Model CTL (Contextual Teaching And Learning) pada Penelitian ini dilatar belakangi dari pra surve di MAN Simalungun Sumatra Utara yang mendapatkan sejumlah informasi tentang kurangnya pemahaman siswa ... -
Implementasi Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Pai Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Rokan Iv Koto Kabupaten Rokan Hulu
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-11-24)Proses belajar mengajar yang sering dijumpai, guru-gurunya masih menerapkan cara-cara konvesional dalam belajar di sekolah sehingga siswa merasa bosan saat mendengarkan guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan ... -
Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) dalam Upaya meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A MTS YAPI Pakem Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan kebosanan dan kondisi kelas menjadi monoton sehingga materi yang diberikan oleh guru kurang dipahami peserta didik. Hal tersebut tentunya akan berdampak ... -
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJO IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJO
(Universitas Islam Indonesia, 2019-09-23)Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo, ... -
Implementasi Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 10 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru terbiasa menggunakan metode konvensional, yang mendominasi pembelajaran hanya berfokus pada guru, dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif ... -
IMPLEMENTASI MULTIMETHOD PADA PROGRAM TAHFIZH QUR’AN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2019-07-08)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program tahfizh Qur’an yang unik, sekolah mengintegrasikan antara Al-Qur’an dan sains dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan bervariatif, disesuaikan dengan kemampuan ... -
Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Basic Training HMI Cabang Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2017-04)Melihat realita sekarang ini bukan hanya lembaga pendidikan yang seharusnya bertanggung jawab atas merosotnya moral anak bangsa, namun bagaimana kemudian kita memiliki kesadaran bersama bahwa fenomena yang bersifat negatif ... -
Implementasi Nilai-Nilai Religius Pada Peserta Didik Melalui Pertemanan Sosial Di Smpn 4 Cilegon
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-01-09)Penelitian ini dilatarbelakangi dari interaksi sosial antara individu SMPN 4 Cilegon yang memiliki dinamika unik. Hal ini bisa dilihat dari pembiasaan individu dalam menanamkan maupun implementasi nilai nilai religius ... -
IMPLEMENTASI PEMASARAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK DAN PRINSIP SYARIAH MARKETING (STUDI PADA WARUNG KULINER KHAS ACEH BUNGONG JEUMPA)
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sedang berkembang pada saat ini. Yogyakarta sebagai kota pendidikan dan juga Wisata dengan jumlah pendatang yang kian bertambah tiap tahun, tentu menghadirkan ragam dinamika kehidupan ... -
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Pembelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akan tetapi kenyataannya bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam baru menyentuh pada ranah kognitif yaitu sebatas ... -
Implementasi Pembelajaran Al–qur’an Hadis pada Siswa Kelas VIII di Mts Yapi Pakem
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini dilatar belakangi dengan perbedaan-perbedaan yang ada dalam diri peserta didik secara tidak langsung menuntut guru agar mampu mendesain pembelajaran yang mampu memberikan fasilitas secara optimal kepada ... -
Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2021-09-27)Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan mahasiswa Pendidikan Agama Islam bahwa ada mahasiswa yang tertinggal pelajaran bahasa Arab karena teman-temannya berasal dari sekolah pondok pesantren. Oleh ... -
Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Mihadunal Ula Sukabumi
(Universitas Islam Indonesia, 2021-06-07)Pada awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan munculnya wabah pandemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sektor pendidikan di Indonesia sangat terdampak akan adanya wabah ini. Sekolah perlu beradaptasi ... -
Implementasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Man 2 Merangin, Tabir, Merangin, Jambi
(Universitas Islam Indonesia, 2021-09-27)Pada awal tahun 2020 dunia di gemparkan dengan munculnya wabah Covid-19 yang menyebarkan ke seluruh dunia . Pendidikan di Indonesia sangat terdampak akan adanya wabah Covid-19 ini,. Sekolah perlu beradaptasi dengan ... -
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING ERA NEW NORMAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS N 9 MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2020-12-21)MTs N 9 Sleman Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam menengah yang proses pembelajaranya terdampak oleh pandemi Covid-19. Era new normal seluruh sektor pendidikan sudah memualai kegiatan belajar mengajar ... -
Implementasi Pembelajaran Daring Era New Normal pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 9 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2020)MTs N 9 Sleman Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam menengah yang proses pembelajaranya terdampak oleh pandemi Covid-19. Era new normal seluruh sektor pendidikan sudah memualai kegiatan belajar mengajar ... -
Implementasi Pembelajaran Daring Era New Normal pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 9 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Implementasi Pembelajaran Daring Era New Normal Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebuudayaan Islam Di MTs N 9 Skeman Yogyakarta Oleh: Yosyi Raditya Avinda MTs N 9 Sleman Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan ...