Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dengan mahasiswa
Pendidikan Agama Islam bahwa ada mahasiswa yang tertinggal pelajaran bahasa
Arab karena teman-temannya berasal dari sekolah pondok pesantren. Oleh sebab
itu peneliti akan mengungkapkan; (1) Bagaimana implementasi pembelajaran
bahasa Arab mahasiswa Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana hasil
implementasi pembelajaran bahasa Arab mahasiswa Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam dan Dosen Prodi
Pendidikan Agama Islam. Teknik yang digunakan dalam menentukan informan
penelitian ini menggunakan teknik Purposive yaitu teknik penentuan sumber data
dengan mempertimbangkan terlebih dahulu, tidak dilakukan secara acak. Artinya,
menentukan informan sesuai kriteria terpilih yang relevan dengan masalah
penelitian. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber, dan analisis
datanya model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa
Arab mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Prodi Pendidikan Agama Islam
memiliki kendala yaitu ada mahasiswa dengan latar belakang sekolah umum
merasa tertinggal dengan mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren, solusinya
yaitu memiliki semangat yang tinggi untuk belajar bahasa Arab sendiri. Belajar
bahasa Arab bukan karena terpaksa tetapi kemauan diri sendiri untuk mempelajari
bahasa Arab.
Collections
- Islamic Education [864]