IMPLEMENTASI MULTIMETHOD PADA PROGRAM TAHFIZH QUR’AN DI SMA SAINS AL-QUR’AN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh program tahfizh Qur’an yang unik,
sekolah mengintegrasikan antara Al-Qur’an dan sains dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan bervariatif, disesuaikan dengan kemampuan yang
dimiliki siswa. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mengetahui bagaimana implementasi multimethod pada program tahfizh Qur’an
di SMA Sains Al-Qur’an Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.
(2) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat program
tahfizh Qur’an di SMA Sains Al-Qur’an Yayasan Pondok Pesantren Wahid
Hasyim Yogyakarta.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis
penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah,
Koordinator tahfizh, Guru tahfizh, dan Siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Keabsahan data dilakukan dengan pengamatan, (1) Triangulasi sumber, (2)
Triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data, (1)
Pengumpulan data (2) Reduksi data (3) Penyajian data (4) Verifikasi dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfizh Qur’an merupakan
visi yang sekaligus menjadi program unggulan dan menjadi pilar pendidikan di
Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Pelaksanaan program tahfizh
Qur’an berjalan sesuai dengan kurikulum sekolah dan kurikulum pesantren, yang
membedakan dengan sekolah lain adalah proses pembelajaran tahfizh Qur’an
yang mengintegrasikan Al-Qur’an dan sains dalam proses pembelajaran di
sekolah dan di pesantren, metode yang digunakan bervariatif disesuaikan dengan
kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Faktor-faktor pendukung program tahfizh
Qur’an: usia siswa, kecerdasan siswa, dukungan orangtua, perhatian guru, target
hafalan, tempat menghafal. Faktor penghambat program tahfizh Qur’an: tugas di
sekolah, kurang bisa membagi waktu, timbulnya rasa malas pada siswa, dan
berganti-ganti mushaf.
Collections
- Islamic Law [646]