Implementasi Pembelajaran Al–qur’an Hadis pada Siswa Kelas VIII di Mts Yapi Pakem
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan perbedaan-perbedaan yang ada
dalam diri peserta didik secara tidak langsung menuntut guru agar mampu
mendesain pembelajaran yang mampu memberikan fasilitas secara optimal
kepada seluruh siswa. Oleh sebab itu pentingnya pemilihan metode pembelajaran
yang tepat agar kegiatan pembelajaran mampu berjalan secara baik dan agar dapat
mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan.Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Al-Qur’an Hadis. (2)
Mengetahui proses evaluasi dari hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadis kelas VIII di
MTs YAPI Pakem.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan menggunakan
purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan
meliputi Kepala sekolah, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan siswa-siswa
MTs Yapi Pakem. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Tahap analisis
data menggunakan model interaktif dengan komponen reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran Al-
Qur’an Hadis yang dipersiapkan secara sebaik mungkin. Adapun metode belajar
yang digunakan di MTs YAPI Pakem adalah: Problem Based Learning, Metode
Tanya Jawab, Metode Ceramah, Metode Drill dan Metode Hafalan. (2) Evaluasi
pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas VIII di MTs YAPI Pakem: Untuk
kemampuan siswa yang berbeda-beda guru membagikan mereka menjadi 2
kelompok yaitu kelompok yang bisa membaca Al-Qur’an dan kelompok yang
belum bisa membaca, Untuk waktu masih tergolong sedikit karena pertemuannya
seminggu 1x dan waktunya hanya 2 jam sehingga untuk siswa yang tergolong
belum bisa membaca Al-Qur’an bisa tertinggal. Sedangkan Al-Qur’an menuntut
untuk bisa membaca, menulis, dan mengamalkan ajaran yang terkandung jika
waktunya sedikit jadi belum bisa berjalan dengan maksimal.
Collections
- Islamic Education [864]