Implementasi Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts Mihadunal Ula Sukabumi
Abstract
Pada awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan munculnya wabah pandemi
Covid-19 yang menyebar ke seluruh penjuru dunia. Sektor pendidikan di Indonesia
sangat terdampak akan adanya wabah ini. Sekolah perlu beradaptasi dengan
kebiasaan baru yaitu dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun
pelaksanaan PJJ masih belum efektif diterapkan karena berbagai keterbatasan
terlebih bagi daerah terpencil, tertinggal dan terbelakang. Tujuan penelitian ini
untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran Blanded learning yang
merupakan alternatif pembelajaran di MTs Mihadunal Ula Sukabumi pada masa
pandemi Covid-19 yang didalamnya mencangkup perencanaan, proses, evaluasi,
faktor penghambat dan pendukung.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball
sampling dengan informan penelitian kepala sekolah, empat guru yang
melaksanakan pembelajaran Blended, guru zonasi, dan siswa. Analisis data dengan
analisis interaksi melalui; kondensasi data, sajian data, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga tahapan Implementasi
Pembelajaran Blended yaitu; tahap perencanaan dengan merancang tujuan program,
menyiapkan sarana dan prasarana, penyusunan jadwal pembelajaran, penyusunan
alat evaluasi dan sosialisasi. Tahapan pelaksanaan pembelajaran meliputi
pembelajaran online secara Asinkron Mandiri, pembelajaran tatap muka Pada
empat mata pelajaran yaitu; B. Inggris, B. Arab, Matematika dan IPA, dan terdapat
kegiatan luring zonasi sebagai kegiatan kontroling belajar siswa. Tahapan evaluasi
sistem pembelajaran meliputi kegiatan perkumpulan/rapat guru yang dilaksanakan
satu bulan sekali, perkumpulan guru dan orang tua dilaksanakan satu semester
sekali. Dalam penelitian ini juga terdapat beberapa faktor penghambat dan
pendukung pembelajaran Blended Learning.
Collections
- Islamic Education [864]