IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING ERA NEW NORMAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS N 9 MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
MTs N 9 Sleman Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan
Islam menengah yang proses pembelajaranya terdampak oleh pandemi Covid-19.
Era new normal seluruh sektor pendidikan sudah memualai kegiatan belajar
mengajar melalui pembelajaran daring. Selain itu berimplikasi terhadap kesiapan
seluruh komponen pendidikan disana terutama pada mata pelajaran SKI. Beragkat
dari permasalahan tersebut maka tujun penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
proses implementasi, kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran
daring pada mata pelajaran SKI dan dampak yang dirasakan dalam pembelajaran
daring di era new normal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
Guru SKI, Peserta Didik, dan Wali Murid MTs N 9 Sleman Yogyakarta. Objek
penelitian ini berupa implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran SKI.
Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian menggunakan teknik
purposive sempling. Lokasi penelitian di MTs N 9 Sleman Yogyakarta dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran
daring di era new normal pada mata pelajaran SKI dilakukan melalui Google
Glassroom dan Whatsapp. Guru memberikan tugas ataupun materi SKI diharapkan
peserta didik dapat mengambil hikmah serta menerapkan pelajaran sejarah
kebudayaan islam pada kehidupan sehari-hari. 2) Kendala adanya pembelajaran
daring pada mata pelajaran SKI adalah ketidak leluasaan pendidik menyampaikan
materi dan tugas, dan keterbatasan kuota/sinyal. 3) Dampak adanya pembelajaran
daring dalam situasi era new normal pendidik menjadi lebih kreatif dalam
penyampaian materi, orang tua mempunyai banyak waktu bersama anak, anggaran
belanja kuota internet meningkat, peserta didik merasa bosan dirumah.
Collections
- Islamic Education [864]