IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJO IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK KRISTEN PENABUR PURWOREJO
Abstract
Fokus dan pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo, 2)
Apa saja kendala – kendala yang dihadapi selama mengimplementasikan model
pembelajaran TGT, 3) Bagaimana dampak implementasi model pembelajaran
kooperatif tipe TGT.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif. Dengan
menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data
dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data yang
kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis model interaktif dari
Miles dan Hiberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang ditemukan dalam implementasi model
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo, telah
dilakukan di tahun ajaran 2018/2019. Implementasi model pembelajaran kooperatif
tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas X di SMK Kristen Penabur Purworejo sesuai dengan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru dan juga sesuai dengan model
pembelajaran Team Games Tournament menurut teori Slavin, yaitu meliputi :
presensi kelas, belajar tim, dan turnamen berupa permainan. Selain itu terdapat
beberapa kendala dalam penerapan model TGT ini, yaitu antara lain kendala pada
waktu dan pada peserta didik. Namun, model pembelajaran ini memiliki dampak
yang positif juga untuk peserta didik, diantaranya yaitu peserta didik menjadi lebih
aktif, mandiri, memiliki rasa tanggung jawab dan persaingan sehat.
Implikasi hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan untuk
pengembangan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan
menyenangkan sehingga pembelajaran dapat bermakna bagi peserta didik.
Collections
- Islamic Education [918]