Implementasi Metode Total Physical Response (Tpr) dalam meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV MI Sunan Pandanaran
Abstract
Bahasa Arab di sekolah MI (Madrasah Aliyyah) tentunya tidaklah mudah,
karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan
guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Oleh karena itu, salah satu
Metode atau strateginya adalah metode TPR (Total Physical Renponse), agar dapat
meningkatkan pemahaman kosa kata bagi Siswa Kelas IV MI Pandanaran.
Penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
tindak kelas (PTK). data di dapatkan secara langsung dengan mengambil informan
seorang guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas IV MI Sunan Pandanaran
Sleman. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapang,
dokumentasi dan tes yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keabsahan data
pada penelitian ini ditekankan dengan model triangulasi yang dipakai untuk
mencocokkan data dari berbagai macam baik sumber, teknik maupun waktu.
Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa Penerapan metode total physical
rensponse (TPR) menggunakan proses pembelajaran yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi. Saat pelaksanaan metode (TPR) terdapat
peningkatan pemahaman dan ketuntasan dalam mengerjakan tes. Dan terdapat
kelebihan (1) peserta didik merasa senang dalam menjalani pelajaran, (2)
memperdayakan otak kanan dan kiri, (3) menghilangkan stres ketika belajar, dll.
sedangkan kekurangannya (1) metode ini tidak mudah untuk mengetahui latin, (2)
tidak semua materi bisa di gunakan (3) menuntut agar mudah dipahami oleh peserta
didik.
Collections
- Islamic Education [864]