Implementasi Metode Ummi Sebagai Upaya Motivasi Menghafal dan Membaca Tartil Al- Qur’an Pada Peserta Didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran memberikan peran sentral dalam mencapai
tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Ditengah gemuruhnya metode
pembelajaran Al-Qur’an SD Islam Cahaya Ilmu dengan segala pertimbangannya
memilih metode ummi sebagai acuan pembelajaran Al-Qur’an. Implementasi
metode ummi di SD Islam Cahaya Ilmu Semarang menjadikan wadah bagi peserta
didik untuk dapat istiqomah dalam menghafalkan Al-Qur’an dan membaca dengan
tartil. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk menganalisis kontribusi metode
ummi dalam meningkatkan motivasi menghafal dan membaca tartil pada peserta
didik di SD Islam Cahaya Ilmu Pedurungan Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah pnelitian lapangan, dengan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil dari
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, sumber informan wawancara
adalah seseorang yang ikut berkontribusi langsung terhadap pembelajaran metode
ummi, seperti: kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru Al-Qur’an dan peserta
didik. Penentuan informasi menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data
yang digunakan adalah reduksi data dan verifikasi sumber data. Keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian implementasi metode ummi terhadap motivasi menghafal
dan membaca tartil di SD Islam Cahaya Ilmu bahwa 1) Materi jilid metode ummi
dikemas dengan penjelasan yang mudah dipahami. 2) Nada baca metode ummi lebih
mudah untuk ditirukan. 3) Belajar dengan metode ummi menyenangkan. 4)
Memiliki target yang jelas sehingga peserta didik istiqomah menambah hafalan
setiap harinya. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode ummi mampu memberikan
dorongan atau motivasi terhadap peserta didik. Selain itu, motivasi tidak hanya
dipengaruhi oleh faktor intrinsik saja, tetapi faktor ekstrinsik juga berperan sangat
penting dalam berlangsungnya pembelajaran Al-Qur’an.
Collections
- Islamic Education [918]