Implementasi Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Pembelajaran Fiqih Di MAN Simalungun Sumatra Utara
Abstract
Implementasi Model CTL (Contextual Teaching And Learning) pada Penelitian ini
dilatar belakangi dari pra surve di MAN Simalungun Sumatra Utara yang
mendapatkan sejumlah informasi tentang kurangnya pemahaman siswa terkait
penerapan hasil pembelajaran yang telah di pelajari baik dalam penerapannya
maupun praktek dan lingkungan sekitar. Sehingga berdapak kepada pemahaman
para siswa terkait pembelajaran, dari keadaan tersebut penelitian Implementasi
model CTL (Contextual Teaching and learning) pada pembelajaran bertujuan
memaksimalkan materi pembelajaran agar siswa dapat mengerti dan bisa
menerapkan apa yang dipelajarinya di sekolah.
Penelitian yang penulis lakukan ialah dalam bentuk kualitatatif yang memakai
metode trigulasi. Dalam metode trigulasi pengumpulan data menggunakan 3
sumber yaitu wawancar, observasi dan dokumentasi dalam rangka menetapkan
kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan penulis di MAN Simalungun Sumatra
Utara.
Dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pada mata
pelajaran Fiqih di MAN Simalungun sumatra utara model CTL (Contextual
Teacing And Learning) sangat membantu dalam proses pembelajaran di dalam
kelas, para peserta didik sangat antusias dalam penerapannya. Terbukti dari hasil
wawancra, observasi dan dokumentasi yang penulis lakukan. Oleh karena itu
penulis berharap penelitian ini bisa menjadi rujukan baru dalam model
pembelajaran baik pada mata pelajaran Fiqih maupun mata pelajaran yang lain,
dikarenakan dalam model CTL (Contextual Teacing And Learning) materi atau
rujukan model pembelajaran yang mengkaitkan materi yang diajarkan pendidik di
dalam kelas dengan keadaan lingkungan sekitar peserta didik. Yang membuat
peserta didik mampu dengan mandiri memahami pembelajaran di dalam kelas,
dikarenakan proses pembelajran yang berbentuk kontextual, dari paparan diatas
semoga penelitian yang penulis lakukan bisa bermanfaat bagi pendidik maupun
peserta didik dan tentunya lembaga pendidikan.
Collections
- Islamic Education [864]