Implementasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Man 2 Merangin, Tabir, Merangin, Jambi
Abstract
Pada awal tahun 2020 dunia di gemparkan dengan munculnya wabah
Covid-19 yang menyebarkan ke seluruh dunia . Pendidikan di Indonesia
sangat terdampak akan adanya wabah Covid-19 ini,. Sekolah perlu
beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan sistem pembelajaran dalam
jaringan dimana pembelajaran dalam jaringan ini masih belum efektif
karena diterapkan berbagai keterbatasan terlebih di daerah terpencil.
Penelitian ini untuk melihat mengekplorasi Implementasi Pembelajaran
Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Merangin, Tabir, Merangin,
Jambi. Yang di dalamnya mencangkup pembelajaran kognitif,afektif,dan
psikomotorik, manajemen pembelajran perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik penentuan informan
menggunakan snowball sampling, dengan informan penelitian Kepala
Sekolah dan empat guru. Analisis data, kondensasi data, penyajian data,
kesimpulan/ verikasi.
Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Pembelajaran Daring di
Man 2 Merangin Implementasi Pembelajaran Daring di Man 2 Merangin
Tabir, Merangin, Jambi. Ada beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaa,
evaluasi. Ada beberapa pembelajaran kognitif, afektif, psikomotorik.
pemebelajran online yang mana dilaksanakan secara asinkron mandiri, dan
sinkron langsung.yang mana sinkron saat mengumpulkan tugas ke sekolah
langsung bagi anak yang tidak memiliki handphone dan tidak memilki
sinyal internet di daerah mereka tinggal.
Collections
- Islamic Education [864]