Implementasi Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Pai Pada Siswa Kelas Iv Sdn 005 Rokan Iv Koto Kabupaten Rokan Hulu
Abstract
Proses belajar mengajar yang sering dijumpai, guru-gurunya masih menerapkan
cara-cara konvesional dalam belajar di sekolah sehingga siswa merasa bosan saat
mendengarkan guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Menerapkan
implementasi model discovery learning sebagai salah satu alternatif dalam
meningkatkan pemahaman mata pelajaran PAI pada siswa kelas IV di SDN 005 Rokan
IV Koto kabupaten Rokan Hulu. 2. Mengukur dampak implementasi model discovery
learning sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran
PAI pada siswa kelas IV di SDN 005 Rokan IV Koto kabupaten Rokan Hulu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV, dan guru PAI SDN 005 Rokan IV Koto. Objek penelitian ini
berupa pemahaman materi PAI. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek
penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu memiliki kriteria tertentu
yang dapat memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitiannya. Teknik
pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi discovery learning dapat
meningkatkan nilai siswa hingga melebihi KKM, tingkat pemahaman peserta didik
juga meningkat, peserta didik sudah bisa fokus mendengarkan penjelasan guru, aktif
berdiskusi mengerjakan tugas dengan teman kelompok, dan mempehatikan video
terkait materi dengan antisuas.
Collections
- Islamic Education [862]