Browsing Islamic Education by Title
Now showing items 762-781 of 905
-
Peran Yayasan Rumah Yatim Ar-Rohman Indonesia dalam Pemberdayaan Anak Yatim pada Bidang Pendidikan di Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Studi Rumah Yatim Daerah Istimewa Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini berlatar belakang dari tingginya jumlah anak yatim di Daerah Istimewa Yogyakarta akibat dari terjadinya pandemi covid-19 yang banyak sekali merenggut anggota keluarga masyarakat Yogyakarta. Alhasil banyak ... -
Peranan Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Sd Al-kautsar Bandar Lampung
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Pentingnya pendidikan agama harus ditanamkan pada anak sejak dini. Namun, proses belajar anak masih terhambat oleh kesulitan belajar. Menjamin pembelajaran yang sebaik mungkin untuk anak-anak, berbagai upaya telah dilakukan. ... -
Peranan Orang Tua dalam Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Anak di Rt. 08 Dusun Nglanjaran Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Orang tua memiliki peran besar dalam kehidupan anak-anak mereka, dan salah satu hal terpenting yang dapat mereka lakukan adalah menyadari tanggung jawab dan peran mereka sebagai pendidik. Lingkungan keluarga merupakan ... -
PERANAN ORANG TUA DALAM PENGUATAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DI SDN JATINEGORO, DESA JATIKONTAL, KECAMATAN PURWODADI, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH
(Universitas Islam Indonesia, 2018-12-07)Penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya pengetahuan orang tua yang masih rendah serta kurang dukungan dari keluarga, sehingga anak kurang semangat dalam mencari ilmu agama serta dalam menjalankan ajaran ... -
PERANAN POLA ASUH PERMISIF TERHADAP DAMPAK PERKAMBANGAN REMAJA DI DESA PANCUR, PESAWARAN, LAMPUNG SELATAN
(Universitas Islam Indonesia, 2019-02-20)Pola asuh orang tua merupakan pola interaksi antara anak dengan orang tua yang meliputi bukan hanya pemenuhan fisik dan psikologis tetapi juga norma-norma yang berlaku di masyarakat agar dapat hidup selaras dengan lingkungan. ... -
Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Kelompok dengan Metode Pembelajaran Individual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pusmalang Kec. Cangkringan Sleman D.I Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran penting yang diajarkan di sekolah untuk membentuk karakter dan moral siswa dalam kehidupan sehari- hari. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa, kehidupan beragama adalah salah ... -
PERBANDINGAN HASIL PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUSH SHALIHAT DENGAN ASMA AMANINA SLEMAN YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-10-08)Seperti yang kita ketahui, bahwa Umat Islam harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar (tartil), sehingga banyak terdapat metode membaca Al-Qur’an secara tartil. Apalagi jika Muslim tersebut adalah seorang mahasiswa ... -
Perbedaan Efektivitas‘Metode Yanbu’a Dan Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alqur’an’anak Tpq Sidoarum Godean Sleman
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2023-03)Adanya TPQ sebagai Lembaga non formal yang diselenggarakan tidak lain dengan tujuan untuk menumbuhkan kecakapan membaca Al-Qur’an peserta didik sebagai generasi penerus yang berakhlak Qur’ani. Melihat pentingnya ... -
PERBEDAAN METODE PENANAMAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TK CITRA SAKTI 2WUKIRSARI SLEMAN DAN TK SULTAN AGUNG YAYASAN BADAN WAKAF UII YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Pendidikan akhlak merupakan aspek yang sangat fundamental dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, penanaman akhlak hendaknya ditanamkan sejak dini. Anak didik tanpa ... -
Perbedaan Pengelolaan Kelas antara Guru Lulusan Pendidikan Guru PAUD dan Non Pendidikan Guru PAUD di Play Group Badan Wakaf UII Nglanjaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2017-04-05)Syarat kompetensi guru itu sangat penting diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Terutama pada guru Pendidikan Anak Usia Dini yang mana pendidikan Anak Usia ... -
PERCAKAPAN PUBLIK DALAM PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN PERSPEKTIF METODE TRANSMISI HADIS
(Universitas Islam Indonesia, 2018-02-06)Seperti manusia yang terus mengalami perubahan dalam dirinya, dari pola perburuhan nomaden sampai pola pertanian menetap hingga indutri mutakhir, manusia terus belajar, mengembangkan dirinya dan membangun peradaban melalui ... -
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR PADA PRAKTIK JUAL BELI KOMODITI DENGAN MENGGUNAKAN ROBOT TRADING
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Teknologi di era digitalisasi mempunyai peran penting dalam mengembangkan sektor perdagangan di Indonesia. Robot trading mempunyai kontribusi yang sangat menjanjikan dalam proses ini untuk membantu masyarakat dalam ... -
PERNIKAHAN DI BULAN MUHARRAM DALAM PANDANGAN MASYARAKAT CANGKRINGAN
(FIAI UII, 2019-04-12)Suro (Javanese) or Muḥarram (Arabic) month is one of the months sacred by several groups, especially Javanese. There some famous myths in this month in certain circles such as the prohibition of moving to new houses, ... -
Persepsi Generasi Muda Terhadap Pendidikan Formal (Sekolah/Madrasah) Dan Pendidikan Agama (Kegiatan Keagamaan Di Masyarakat) Di Desa Jambusari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-04)Peneltian ini dilatar belakangi permasalahan pendidikan di Desa Jambusari Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo, di antaranya adalah tingkat pendidikan yang rendah. Pemahaman mengenai betapa pentingnya pendidikan formal ... -
PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG IMPLEMENTAS ACTIVE LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 (The Perception of Islamic Religious Education Teacher on Active Learning Implementation at MTs Negeri Yogyakarta 1)
(Universitas Islam Indonesia, 2019-11-25)Persepsi atau Pandangan guru pendidikan agama islam tentang active learning adalah sangat baik, karena active learning sangat membantu bagi pendidik terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ... -
Persepsi Guru PAI SMA UII Terhadap Solusi Melawan Kekerasan di Lembaga Pendidikan Islam
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Latar belakang penelitian ini disusun karena peneliti melihat maraknya terjadi fenomena kekerasan di lembaga pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru PAI SMA UII terhadap ... -
Persepsi Guru Pai Tentang Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mts N 9 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-03)Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan pada dunia pendidikan, salah satu diantaranya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemik dianggap kurang efektif. Sebagai ... -
Persepsi Guru tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri 3 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2020)PERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NEGERI 3 SLEMAN Oleh : Atika Widyastuti Kebijakan baru yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim ketika masa awal ... -
PERSEPSI GURU TENTANG KONSEP MERDEKA BELAJAR MENDIKBUD NADIEM MAKARIM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS NEGERI 3 SLEMAN
(Universitas Islam Indonesia, 2020-11-21)Kebijakan baru yang dicetuskan Mendikbud Nadiem Makarim ketika masa awal jabatannya menimbulkan persepsi di semua kalangan masyarakat terkhusus bidang pendidikan, oleh karena itu peneliti ingin mengangkat dan mencari ...