Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-qur’ An Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Prambanan
Abstract
Peranan guru PAI dalam pembelajaran BTAQ sangatlah penting bagi
peserta didik. Sebagai tugas dan tanggung jawab seorang pembimbing harus
mengetahui karakter peserta didik. Membaca Al-Qur’an adalah suatu ibadah yang
sangatlah jarang di baca oleh anak-anak pada zaman sekarang. Peran guru PAI
mempunyai dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor
pendukung peranan Guru PAI yaitu meliputi orang tua, guru PAI, sedangkan faktor
penghambat peranan Guru PAI yaitu Lingkungan Sosial dan Kurangnya kesadaran
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru PAI
dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa serta untuk mengetahui metode-
metode guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Qur’an siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya deskriptif.
Peneliti datang ke sekolah untuk proses pengumpulan data. Adapun data yang
diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam
penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, guru agama, dan guru pembimbing
khusus.
Hasil penelitian ini menunjukan secara umum bahwa peranan guru PAI
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an sudah berjalan cukup baik.
Guru PAI sebagai pembimbing, sebagai suri tauladan, memberikan motivasi, guru
sebagai pelatih, guru sebagai pengajar, dan guru sebagai fasilitator harus selalu
mengawasi peserta didiknya ketika BTAQ berlangsung serta mecontohkan hal yang
baik. Faktor pendukung peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an yaitu orang tua dan guru PAI. Sedangkan Faktor Penghambat
Peranan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu
Lingkungan sosial dan kurangnya kesadaran siswa. Peranan yang di lakukan oleh
guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri
1 Prambanan, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan telah berhasil dalam
menjalankan program yang ada. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah
mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar seperti: mengetahui huruf-
huruf hijaiyyah, mampu membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, dan
pelajaran ilmu tajwid lainnya, serta sedikit demi sedikit mereka dapat
mengamalkannya.
Collections
- Islamic Education [918]