PERBEDAAN METODE PENANAMAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI TK CITRA SAKTI 2WUKIRSARI SLEMAN DAN TK SULTAN AGUNG YAYASAN BADAN WAKAF UII YOGYAKARTA
Abstract
Pendidikan akhlak merupakan aspek yang sangat fundamental dalam
kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan masyarakat.
Oleh karena itu, penanaman akhlak hendaknya ditanamkan sejak dini. Anak didik
tanpa dilandasi dengan akhlak yang baik, budi pekerti yang luhur, maka kelak
tidak akan mencerminkan kepribadian yang baik. Dalam menanamkan akhlak
pada anak, pendidik harus turut serta dalam menanamkan anak. Tujuan penelitian
ini adalah: untuk mengetahui perbedaan metode penanaman akhlak anak usia dini
yang diterapkan di TK Citra Sakti 2 Wukirsari Sleman dan TK Sultan Agung
Badan Wakaf UII Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan
pendekatan kualitatif yang berlokasi di TK Citra Sakti 2 Wukirsari Sleman dan
TK Sultan Agung Badan Wakaf UII Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu kepala
sekolah dan staf pendidik di TK Citrasakti 2 Wukirsari Sleman dan TK Sultan
Agung Badan Wakaf UII. Pengumpulan data melalui metode observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif mengikuti model
interaktif dari Miles dan Huberman, yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data;
(3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara metode
penanaman akhlak yang dilaksanakan di TK Citra Sakti 2 Wukirsari Sleman dan
TK Sultan Agung Badan Wakaf UII Yogyakarta. Kedua taman kanak-kanak
memiliki metode efektif dibanding metode lain yang diterapkan di sekolah
masing-masing. TK Citra Sakti 2 Wukirsari Sleman menempatkan metode dialog
sebagai metode yang lebih efektif dalam penanaman akhlak, sedangkan TK Sultan
Agung Badan Wakaf UII Yogyakarta menempatkan metode cerita sebagai metode
yang efektif dalam menanamkan akhlak terhadap anak didiknya. Metode yang
diterapkan di TK Citra Sakti 2 Wukirsari Sleman ada 5 (lima) macam, yaitu:
metode dialog, metode pembiasaan, metode cerita, metode praktik, dan metode
resitasi, sedangkan metode yang digunakan di TK Sultan Agung Badan Wakaf
UII ada 4 macam, yaitu: metode keteladanan, metode praktik, metode cerita dan
metode nasehat.
Collections
- Islamic Education [863]