Perbedaan Efektivitas‘Metode Yanbu’a Dan Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alqur’an’anak Tpq Sidoarum Godean Sleman
Abstract
Adanya TPQ sebagai Lembaga non formal yang diselenggarakan tidak lain
dengan tujuan untuk menumbuhkan kecakapan membaca Al-Qur’an peserta didik
sebagai generasi penerus yang berakhlak Qur’ani. Melihat pentingnya kemampuan
membaca Al-Qur’an demi kebaikan dunia dan akhirat kelak. Salah satu tujuan
penelitian ini yakni untuk melihat lebih efektif mana, hasil pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a, atau
dibandingkan dengan menggunakan metode Iqro’ dalam meningkatkan
kemampuan baca Al-Qur’an anak di TPQ Sidoarum.
Penelitian ini menggunakan metode komparatif, menggunakan pendekatan
kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa tes lisan. Teknik pemilihan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Yang terdiri dari tiga variabel, antara lain
metode Yanbu’a, Iqro’ dan kemampuan membaca Al-Qur’an. Jumlah subjek yakni
seleruh peserta didik TPQ Al-Anwar dengan jumlah 77 anak dan Al-Hikmah
dengan jumlah 35 anak dengan sampel yang diambil 20 anak dari TPQ Al-Anwar
dan 14 anak dari Al-Hikmah. Teknik analisis data menggunakan uji t (hipotesis)
dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 25 for windows.
Hasil daripada penelitian ini dengan sampel berjumlah 34 peserta yakni
tidak adanya perbedaan signifikan kemampuan baca Al-Qur’an anak TPQ
Sidoarum antara menggunakan Metode Yanbu’a dan Iqro’. Dibuktikan berdasarkan
hasil uji t yang menyatakan bahwa Sig. bernilai 0,736 dan 0,754 lebih besar
daripada 0,05, maka disimpulkan bahwa Ha ditolak. Sedangkan atas dasar tabel
pembanding peneliti menyatakan bahwa metode Yanbu’a sedikit lebih unggul 1
skor daripada metode Iqro’. Di mana metode Yanbu’a dengan rata-rata 77,1 dan
metode Iqro’ dengan rata-rata 76,1.
Collections
- Islamic Education [897]