Peranan Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Sd Al-kautsar Bandar Lampung
Abstract
Pentingnya pendidikan agama harus ditanamkan pada anak sejak dini.
Namun, proses belajar anak masih terhambat oleh kesulitan belajar. Menjamin
pembelajaran yang sebaik mungkin untuk anak-anak, berbagai upaya telah
dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan belajar
peserta didik kelas IV SD Al-Kautsar Bandar Lampung pada pelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI), serta peranan Guru PAI dalam membantu
peserta didik mengatasi kesulitan belajar tersebut.
Metode utama pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian difokuskan pada
peserta didik kelas IV, Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, dan Waka
Kurikulum di SD Al-Kautsar Bandar Lampung. Analisis data dilakukan melalui
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
yaitu dengan teknik triangulasi sumber data.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV di SD Al-
Kautsar Bandar Lampung memiliki kesulitan belajar berupa kesulitan dalam
memahami dan menghafal materi pelajaran serta kurangnya motivasi dalam
belajar. Dengan membimbing dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik
untuk menumbuhkan kecintaan dalam belajar, peranan Guru PAI membantu
peserta didik dalam berjuang secara akademis.
Collections
- Islamic Education [880]