PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP INVESTOR PADA PRAKTIK JUAL BELI KOMODITI DENGAN MENGGUNAKAN ROBOT TRADING
Abstract
Teknologi di era digitalisasi mempunyai peran penting dalam mengembangkan sektor
perdagangan di Indonesia. Robot trading mempunyai kontribusi yang sangat
menjanjikan dalam proses ini untuk membantu masyarakat dalam bertransaksi di
perdagangan komoditi untuk meminimalisir resiko. Perkembangan teknologi ini tentu
saja harus diimbangi dengan regulasi yang mengatur legalisasi perdagangan komoditi
dengan menggunakan robot trading ini, dan kekosongan hukum ini merupakan celah
yang banyak digunakan oleh pelaku kejahatan berkedok robot trading untuk
menghimpun dana masyarakat seperti yang telah terjadi di beberapa tahun terakhir.
Penelitian ini memiliki tujuan objektif untuk menganalisis regulasi penggunaan robot
trading dan upaya perlindungan hukum terhadap investor dalam penggunaannya tanpa
legalitas yang seharusnya ditempuh oleh Pemerintah. Secara subyektif penelitian ini
untuk memperoleh data dalam rangka penyusunan penelitian. Maka dari itu,
pemerintah diharapkan mampu menyentuh permasalahan ini melalui pengaturan
regulasinya. Penelitian ini dilakukan kepada para investor yang menggunakan robot
trading dan melakukan transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan pendekatan normative-empiris yaitu dalam mencari data mengenai
legalitas robot trading. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk regulasi penggunaan
Robot Trading saat ini hanya dalam bentuk peraturan pemerintah sementara. Upaya
perlindungan saat ini antara lain menyita harta kekayaan pelaku tindak pidana
semaksimal mungkin. Karena itu, selain aturan KUHP, delik pelaku juga tunduk pada
ketentuan UU TPTU. Maqashid Syariah perspektif Jasser Auda punya tawaran yang
dapat dijadikan dasar dalam pembentukan regulasi dalam penggunaan robot trading ini.
Regulasi ini sangat diharapkan bagi para pelaku pasar komoditas yaitu pedagang
komoditi dan pedagang robot trading serta nasabah perdagangan yaitu investor.
Collections
- Islamic Education [864]