Peran Teman Sebaya Terhadap Proses Pendalaman Materi Pembelajaran Di Asrama Mahasiswi Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek 6 Ngaglik Sleman
Abstract
Pembelajaran yang ada di pondok mahasiswa itu pada umumnya berbeda
dengan pembelajaran yang dilakukan di pondok pesantren yang lain, karena
menyesuaikan dengan aktivitas perkuliahan mahasiswa. Sehingga diperlukan
beberapa aspek pendukung agar proses pembelajaran mengaji di pesantren
mahasiswa ini berjalan dengan baik. Salah satu diantara aspek tersebut ialah
peran teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teman
sebaya terhadap proses pendalaman materi pembelajaran di Asrama Mahasiswi
Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek 6 dan hasil yang dicapai dari
peranan tersebut.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini
menggunakan fild research dengan participant observation, dan teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, teknik analisis data yang
digunakan yakni triangulasi, dan pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teman sebaya memiliki peran
yang cukup besar di dalam pendalaman materi pembelajaran yang ada di Asrama
Mahasiswi Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek 6, serta hasil yang
didapat dari pendalaman bersama teman sebaya tersebut berdampak positif
terhadap proses pembelajaran yang ada.
Collections
- Islamic Education [863]