Perbandingan Efektifitas Metode Pembelajaran Kelompok dengan Metode Pembelajaran Individual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Pusmalang Kec. Cangkringan Sleman D.I Yogyakarta
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran penting yang diajarkan
di sekolah untuk membentuk karakter dan moral siswa dalam kehidupan sehari-
hari. Hal ini sesuai dengan fakta bahwa, kehidupan beragama adalah salah satu
aspek kehidupan yang diharapkan dapat terwujud secara harmonis. pendidikan
Islam bertujuan untuk membangun individu muslim sepenuhnya dengan
mengembangkan potensi setiap orang, baik jasmaniah maupun rohaniah, dan
menumbuhkan hubungan yang harmonis setiap orang dengan Allah dan alam
semesta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan secara signifikan dalam
pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan metode pembelajaran kelompok dan metode pembelajaran
individual di SD Negeri Pusmalang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denggan tipe uji beda
(uji komparatif). Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV dan V sebagai subjek
penelitian yang dilakukan di SD Negeri Pusmalang dengan jumlah populasi dan
sampel yang digunakan yaitu 49 orang. Adapun pengumpulan data dilakukan
dengan kuisioner dengan total pertanyaan sebanyak 24 yang terbagi dalam variabel
X dan Y. Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu menggunakan
paired sample t-test.
Hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam
pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan metode pembelajaran kelompok dan metode pembelajaran
individual di SD Negeri Pusmalang Kec. Cangkringan Sleman D.I Yogyakarta,
perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji paired sample test 0,000
< 0,05. Untuk melihat efektivitas dari metode pembelajaran kelompok dan metode
pembelajaran individual ditunjukkan oleh mean dari hasil data kuesioner yaitu
sebesar 33,28 dan 29,23, yang bermakna bahwa metode pembelajaran kelompok
lebih efektif daripada metode pembelajaran individual.
Collections
- Islamic Education [914]