Browsing Islamic Education by Title
Now showing items 346-365 of 918
-
Korelasi Antara Tipe Kepribadian dengan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII di MTs N Maguwoharjo Depok Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2017)Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya menarik cara mengajar guru sehingga proses pembelajaran terasa monoton, membosankan dan anak susah untuk menangkap materi yang diajarkan. Dan juga kurangnya pendekatan antara ... -
Kreasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Media Pembelajaran Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kartika Iii-26 Cilacap
(Universitas Islam Indonesia, 2022-02-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreasi guru dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas media pembelajaran pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika III-26 Cilacap. Salah satu bagian dari kompetensi ... -
Kreativitas Guru Agama dalam menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di MTS Hasyim Asy`ari Piyungan, Bantul, Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pendidikan agama menjadi dasar pendidikan nasional karena pendidikan agama dapat memberi arahan dalam memahami nilai-nilai agama. Dalam suatu lembaga pendidikan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab guru dalam menanamkan ... -
Kreativitas Guru Pai Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam Di Sdn Tulung Kabupaten Rembang
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2022-09-27)Penelitian ini berusaha memahami kreativitas guru agama islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar, yaitu di SDN Tulung Kabupaten Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas ... -
KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-14)Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran menjadi daya motifasi tersendiri bagi peserta didik. Dengan kreativitas yang dimiliki seorang guru, akan membuat suasana menjadi lebih ... -
Manajemen Kelas dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Kelas VIII Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2020-07-07)Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan untuk menghafal Al Qur’an, tetapi masih sering dijumpai kelemahan dan kekurangan yang ada di lembaga tersebut. Di antara lembaga itu adalah pondok pesantren hamalatul quran ... -
Manajemen Penanaman Nilai Karakter Islam Melalui Kegiatan Bpi (Bina Pribadi Islam) bagi Peserta Didik di SMP Islam Terpadu Insan Madani Semarang
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Berbagai fenomena merosotnya nilai karakter Islam yang terjadi di Indonesia belakangan ini, maka dalam dunia pendidikan diperlukan upaya dalam membentuk karakter Islam, sehingga diperlukan manajemen dalam menanamkan nilai ... -
Manajemen Pendidikan Karakter Pada Masa Keemasan Anak Di Tk Sultan Agung Nglanjaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta
(UII, 2016)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pendidikan karakter anak pada masa keemasan (golden age) di kelas, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi atau penilaian pada nilai-nilai karakter ... -
MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA HIDAYATULLAH, BELU, NTT
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-08-14)Manajemen merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Semua bagian dalam manajemen memberi peranan penting untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dibangun. RA Hidayatullah merupakan ... -
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AFKAARUNA ISLAMIC SCHOOL YOGYAKARTA
(UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA, 2018-06-06)Manajemen merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, tanpa manajemen maka lembaga pendidikan tersebut seperti halnya berjalan tanpa anggota tubuh dan tujuan, seluruh bagian dalam manajemen ... -
Mengembangkan Karakter Cinta Damai Santri Studi Kasus di Pondok Pesantren Asy-syafi’iyah Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Pondok pesantren Asy-Syafi’iyah Yogyakarta adalah wadah atau tempat bagi para santri dididik agar menjadi lebih baik. Tidak hanya membaca maupun menghafal Al-Qur’an saja, melainkan tata cara berkomunikasi juga sangat penting ... -
Metode Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Nilai- Nilai Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Seiring perkembangan zaman, karakter peserta didik sangat memprihatinkan. Hal ini dipengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diimbangi dengan penanaman karakter religius didalam diri mereka. ... -
Metode Hafalan Al-qur’an Mahasiswi (Studi Komparasi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-hamra’ Krapyak dan Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Yogyakarta)
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Penelitian ini berangkat dari pentingnya menghafal Al-Qur‟an bagi umat muslim dikarenakan memiliki banyak keutamaannya serta merupakan anjuran Rasulullah Saw. Namun, dalam menghafal Al-Qur‟an tentunya dibutuhkan metode ... -
Metode Menghafal Al-Qur’an di Sdit Salsabila 2 Klaseman, Ngaglik, Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Latar belakang penelitian ini adalah kita selalu dituntut untuk memelihara dan menjaga Al-Qur’an salah satunya dengan menghafalkannya. Di era yang sudah modern ini, dengan percampuran budaya yang dapat kita saksikan dan ... -
Metode Menghafal Al-qur’an Pada Anak Usia Dini di Program Taud KB-TK Islam Taruna Al-qur’an, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta
(Universitas Islam Indonesia, 2024)Menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini membutuhkan pendampingan khusus dan metode yang tepat untuk efektifitas menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an pada ... -
METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGOPTIMALAN PERKEMBANGAN GOLDEN AGE ANAK USIA DINI DI TK BIANGLALA YOGYAKARTA
(Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Anak usia dini identik dengan masa golden age, masa tersebut merupakan usia keemasan anak. di periode ini perkembangan otak anak akan mencapai 80%. Oleh karena itu penelitian ini penting dilakukan karena banyak lembaga ... -
Metode Pembelajaran Kaligrafi Lukis Dalam Peningkatan Keterampilan Melukis Santri Di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan
(Universitas Islam Indonesia, 2020)Kaligrafi lukis merupakan salah satu kegiatan yang diadakan di TPA Al-Furqon Tiram, Bangka Selatan untuk para santri kelas TPQ. Dengan prestasi para santri yang cukup membanggakan dalam bidang kaligrafi dan waktu yang ... -
Metode Pembelajaran Pada Pondok Modern Jawa (Monja) di Pondok Modern Jawa Hanacaraka Wonogiri
(Universitas Islam Indonesia, 2015-12-12)Pondok pesantren adalah salah satu tempat untuk menuntut ilmu, khususnya dalam ilmu agama, keberadaan pondok sudah ada sejak dulu bahkan sebelum negara ini merdeka. Pondok pesantren dalam prakteknya dibagi menjadi beberapa ... -
Metode Pembelajaran Shalat dan Wudhu bagi Anak Tunagrahita di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri 1 Sleman
(Universitas Islam Indonesia, 2023)Anak tunagrahita memiliki keterbatasan kecerdasan akademik, IQ dibawa rata-rata, daya ingat yang lemah, serta perkembangannya lambat. Sehingga membutuhkan binaan khusus. Meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki anak ... -
METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN (Studi Komparasi Pada Pondok Tahfizh Hamalatul Qur’an Bantul dan Pondok Tahfizhul Qur’an SahabatQu Depok Sleman)
(Universitas Islam Indonesia, 2018-06-07)Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat realitas pendidik dan peserta didik di Indonesia yang selalu mengutamakan pendidikan umum dan sering menafikan pendidikan Al-Qur’an. Ini merupakan suatu masalah yang ...