Kreativitas Guru Agama dalam menanamkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di MTS Hasyim Asy`ari Piyungan, Bantul, Yogyakarta
Abstract
Pendidikan agama menjadi dasar pendidikan nasional karena pendidikan
agama dapat memberi arahan dalam memahami nilai-nilai agama. Dalam suatu
lembaga pendidikan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab guru dalam
menanamkan nilai agama terutama guru agama. Penelitian ini dilakukan di MTs
Hasyim Asy`ari Piyungan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang
dilakukan oleh guru agama dalam upaya menanamkan kecerdasan spiritual
peserta didik dan kendala yang dihadapi serta solusi untuk kendala yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
yaitu kepala madrasah, empat guru agama, dan tiga peserta didik dengan teknik
purposive sampling dan menggunakan triangulasi untuk keabsahan datanya.
Adapun untuk teknik analisis data menggunakan analisis interatif Miles and
Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kreativitas guru agama
dalam menanamkan kecerdasan spiritual peserta didik dilakukan dengan kegiatan
pendidikan karakter, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran, serta
pemberian motivasi kepada peserta didik. (2) Dalam proses penanaman
kecerdasan spiritual kepada peserta didik terdapat kendala yang dihadapi yaitu
adanya perberdaan latar belakang peserta didik dan kecanggihan teknologi yang
tidak terfilter. (3) Solusi yang timbul karena adanya kendala tersebut adalah
pemberian motivasi kepada peserta didik dan juga melibatkan orang tua dari
peserta didik.
Collections
- Islamic Education [918]