Manajemen Kelas dalam Program Tahfidz Al-Qur’an di Kelas VIII Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman
Abstract
Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan untuk menghafal
Al Qur’an, tetapi masih sering dijumpai kelemahan dan kekurangan yang ada di
lembaga tersebut. Di antara lembaga itu adalah pondok pesantren hamalatul
quran II sleman. Di pesantren ini menerapkan program percepatan tahfidzul
quran bagi santri kelas VIII. Meskipun demikian ada beberapa permasalahan
yang ada di program tersebut seperti pengajar kurang disiplin dan santri malas
menghafal al qur’an. Tujuan utama penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang
pelaksanaan manajemen kelas dalam program tahfidz Al-Qur’an di kelas VIII
Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an II Sleman serta untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambatnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya
adalah manajemen kelas dalam program tahfidz al qur’an di kelas VIII pondok
pesantren hamalatul quran II sleman. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan data
reduction, data display, dan conclusion drawing.
Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah manajemen kelas dalam
program tahfidz al quran di kelas VIII pondok pesantren hamalatul quran sesuai
dengan teori dan berjalan dengan cukup baik. Faktor pendukung dari manajemen
kelas dalam program tahfidz al quran di kelas VIII antara lain yaitu: waktu yang
banyak untuk menghafal, kelompok halaqah yang kondusif, adanya reward, serta
tempat menghafal yang nyaman. Adapun faktor penghambatnya ada dua hal:
pertama, berasal dari musyrif terkadang musyrif malas dan juga datang
terlambat, kedua, berasal dari santri yang beberapa anak memiliki rasa malas
yang susah untuk di perbaiki serta ada juga santri yang susah untuk mengikuti
program yang ada dikarenakan kemampuannya bukan karena malas.
Collections
- Islamic Education [862]