Metode Pembelajaran Kaligrafi Lukis Dalam Peningkatan Keterampilan Melukis Santri Di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan
Abstract
Kaligrafi lukis merupakan salah satu kegiatan yang diadakan di TPA Al-Furqon Tiram, Bangka Selatan untuk para santri kelas TPQ. Dengan prestasi para santri yang cukup membanggakan dalam bidang kaligrafi dan waktu yang singkat dalam proses pelaksanaan kegiatannya, hal ini tentunya menarik bagi peneliti untuk mengkaji metode, proses dan hasil karya kaligrafi santri dalam sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana bentuk pembelajaran kaligrafi lukis dalam peningkatan keterampilan melukis santri di TPA Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan, 2) mengetahui hasil pembelajaran kaligrafi lukis dalam peningkatan keterampilan melukis santri di TPA Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan, dan 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran kaligrafi lukis dalam peningkatan keterampilan melukis peserta didik di TPA Al-Furqon Tiram Kabupaten Bangka Selatan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesmpulan. Sedangkan uji keabsahan data yaitu dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kaligrafi lukis di TPA Al-Furqon Tiram merupakan metode demonstrasi dengan langkah-langkah pelaksanaannya meliputi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan tahap lanjutan. 2) Hasil pembelajaran kaligrafi lukis adalah sebuah karya dalam bentuk lukisan. 3) Faktor pendukung pembelajaran kaligrafi lukis di TPA Al-Furqon Tiram adalah minat dan bakat, dukungan orang tua dan pemerintah Desa. Adapun faktor penghambat pembelajaran kaligrafi lukis yaitu mendatangkan pelatih dan keterbatan waktu.
Collections
- Islamic Education [862]