Metode Guru Akidah Akhlak dalam Penanaman Nilai- Nilai Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman
Abstract
Seiring perkembangan zaman, karakter peserta didik sangat memprihatinkan.
Hal ini dipengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak
diimbangi dengan penanaman karakter religius didalam diri mereka. Tujuan
penelitian ini mengetahui deskripsi karakter religius peserta didik, metode dalam
penanaman karakter religius, faktor penghambat dan faktor pendukung dalam
penanaman karakter religius di MTs N 4 Sleman.
Pendekatan yang gunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Informan dalam penelitian ini yaitu guru Akidah Akhlak dan peserta didik MTs N
4 Sleman. Objek penelitian ini berupa metode guru Akidah Akhlak dalam
penanaman karakter religius peserta didik. Teknik penentuan informan
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan karakter peserta didik MTs N 4 Sleman yaitu
komitmen terhadap perintah dan larangan agama, bersemangat mengkaji ajaran
agama, aktif dalam kegiatan agama, akrab dengan kitab suci, mempergunakan
pendekatan agama dalam membentuk pilihan, dan ajaran agama dijadikan sebagai
sumber perwujudan ide. Metode yang digunakan dalam penanaman karakter
religius yaitu metode pembiasaan, keteladanan, tutor sebaya, team quiz, card sort,
diskusi, dan tanya jawab. Terdapat faktor penghambat dalam penanaman karakter
religius diantaranya kondisi sarana prasarana yang kurang memadai, kurangnya
konsentrasi peserta didik, kurangnya keterlibatan orang tua, dan perbedaan individu
peserta didik. Sedangkan faktor pendukung diantaranya sarana dan prasarana yang
memadai, dukungan madrasah, adanya program keagamaan, dan dukungan
lingkungan rumah.
Collections
- Islamic Education [918]