Kreativitas Guru Pai Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama Islam Di Sdn Tulung Kabupaten Rembang
Abstract
Penelitian ini berusaha memahami kreativitas guru agama islam dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar, yaitu di SDN Tulung
Kabupaten Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru
dalam pembelajaran serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang
mempengaruhi kreativitas guru dalam kegiatan pembelajaran PAI di sekolah.
Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan
informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan
analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan,
sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: Kreativitas Guru PAI dalam
pembelajaran yaitu: 1) Kreativitas guru dalam pembelajaran dalam
mengkombinasikan metode pembelajaran dengan menggunakan dan metode role
playing, ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dengan menyesuaikan materi
yang akan diajarkan. Guru kreatif dalam pemanfaatan sumber belajar dan media
pembelajaran. 2) Faktor pendukung kreativitas guru Agama Islam di SDN Tulung
Kabupaten Rembang adalah lingkungan masyarakat yang mendukung, fasilitas
sekolah yang memadai, dan dukungan kepala sekolah berupa pelatihan. Sedangkan
faktor penghambatnya adalah Sinyal, Alat peraga yang kurang memadai, dan
ruang kelas yang belum standart. Saran peneliti untuk sekolah dalam meningkatkan
hasil kualitas pembelajaran di SDN Tulung Kecamatan Pamotan Kabupaten
Rembang perlu mengadakan proses pembelajaran di luar kelas, menciptakan
pelajaran tambahan berupa ekstrakulikuler yang baru, dan dukungan yang
diberikan oleh para guru dan kepala sekolah agar para siswa merasa bersemangat
saat proses belajar di sekolah.
Collections
- Islamic Education [864]