Kreasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Media Pembelajaran Pada Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kartika Iii-26 Cilacap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreasi guru dalam
meningkatkan kualitas dan kuantitas media pembelajaran pada kelompok B di
Taman Kanak-Kanak Kartika III-26 Cilacap.
Salah satu bagian dari kompetensi profesional guru adalah kemampuan
seorang guru dalam pengelolaan dan penggunaan media dan sumber belajar. Jenis
metode penelitian yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu guru
dan Kepala Sekolah. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis Miles dan
Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data atau tahap analisis, reduksi
data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa
kreasi guru dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas media pembelajaran pada
kelompok B di Taman Kanak-Kanak Kartika III-26 Cilacap dapat dilihat dari empat
aspek, yaitu kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, elaborasi, orisinalitas. Hasil
penelitian dari empat aspek kreativitas yang dimiliki guru tentang kreativitas guru
dalam mengembangkan media pembelajaran kelompok B di Taman Kanak-Kanak
Kartika III-26 Cilacap sudah cukup baik dalam mengembangkan media
pembelajaran, adanya dukungan dari sekolah untuk guru agar dapat
mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik dan mengikuti zaman.
Sekolah menyediakan wadah berupa pelatihan-pelatihan yang wajib diikuti oleh
setiap guru. Namun guru hanya mengandalkan pelatihan yang telah disediakan oleh
sekolah/yayasan sehingga guru tidak mendapatkan wawasan lebih dari pelatihanpelatihan
yang
ada di
luar
sekolah/yayasan.
Collections
- Islamic Education [864]