MANAJEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI RA HIDAYATULLAH, BELU, NTT
Abstract
Manajemen merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan. Semua bagian dalam manajemen memberi peranan penting untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang dibangun. RA Hidayatullah merupakan lembaga PAUD terkenal dengan murid murid yang berprestasi yang terletak di daerah NTT dengan sebagian besar masyarakatnya beragama non muslim oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian di RA Hidayatullah yang dapat dijadikan model bagi lembaga PAUD lainnya dengan judul penelitian “Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini RA Hidayatullah, Belu, NTT.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan metode pendekatan kualitatif bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini di RA Hidayatullah, Belu, NTT. Serta mengetahui hasil dari manajemen strategis yang ada di RA Hidayatullah, Belu, NTT. Hasil penelitian ini adalah: (a) dalam pengelolaan progranm PAUD RA Hidayatullah menggunakan metode POAC yang dalam pelaksanaan kegiatan selalu dilaksanakan perencanaan terlebih dahulu kemudian diikuti pengorganisasian yang dilakukan dengan kerjasama yang baik antar komponen-komponen sekolah. pelaksanaan dalam pendidikan anak usia dini selalu menyisipkan materi dan praktek keagamaan. Sedangkan dalam pengawasana dilakukan setiap hari oleh kepala sekolah terhadap bawahan PAUD. (b) Manajemen strategis yang dilakukan RA Hidayatullah yaitu melakukan pendekatan dengan wali murid, mengadakan ekstrakurikuler tambahan demi menciptakan murid-murid berprestasi, membentuk jejaringan sosial, lokasi sekolah yang strategis, selalu menyertakan materi tentang ketuhanan dalam setiap kegiatannya. (c) hasil dari manajemen strategis yang telah dijalankan RA Hidayatullah yaitu, banyak murid yang mendaftar pada setiap tahunnya, menciptakan murid berprestasi dalam setiap perlombaan, anak mulai beribadah serta taat dan patuh kepada guru, orangtua serta lingkungan sekitar.
Collections
- Islamic Education [862]