Browsing Faculty of Islamic Studies by Author "Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd"
Now showing items 1-17 of 17
-
Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Se-Kota Ende (Studi Evaluasi Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende Tahun 2019-2020)
MARYAM AULIA RACHMAN (Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)Guru merupakan ujung tombak kemajuan pendidikan, apabila guru yang dimiliki memiliki kompetensi yang baik maka sudah bisa dipastikan output yang dihasilkan juga akan baik. Namun kenyataannya tidak selalu demikian, ... -
Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Di Sd Muhammadiyah Pakem
WAHID SANTOSO (Universitas Islam Indonesia, 2022-05-30)Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah Pembelajaran yang di lakukan dengan jarak jauh atau pembelajaran daring bisa berdampak pada hasil belajar,. karena di sekolah ini terkenal dengan prestasinya yang ... -
HUBUNGAN INTENSITAS MENGIKUTI KEGIATAN BIMBINGAN GURU KONSELING TERHADAP KENAKALAN REMAJA PADA SISWA JURUSAN KEAGAMAAN DI MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Wahyu Setiyani, 14422008 (Universitas Islam Indonesia, 2018-10-08)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran optimalisasi bimbingan guru konseling dalam mendidik siswa agar menjadi pribadi yang bermanfaat. Hal ini dikarenakan masih adanya siswa yang membolos, keluar pada waktu jam pelajaran ... -
Identifikasi Problematika Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Masa Pandemi Dan Solusinya Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
KHOIRUNNISAA SHOLIHAH LUTHFI ALYA’ (Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya mahasiswa tingkat akhir banyak mengalami kendala khususnya ketika mengerjakan skripsi. Pandemi covid-19 menjadi salah satu faktor dikarenakan adanya perubahan kebijakan ... -
Identifikasi Problematika Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Masa Pandemi Dan Solusinya Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
KHOIRUNNISAA SHOLIHAH LUTHFI ALYA’ (Universitas Islam Indonesia, 2021-08-24)Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya mahasiswa tingkat akhir banyak mengalami kendala khususnya ketika mengerjakan skripsi. Pandemi covid-19 menjadi salah satu faktor dikarenakan adanya perubahan kebijakan ... -
IMPLEMENTASI TEKNIK EVALUASI RANAH KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMAN
Herman Yunianto, 15422150 (Universitas Islam Indonesia, 2020-01-07)Evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap komponen pendidikan pada setiap jalur dan jenjang. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui bagaimana implementasi ... -
Pengaruh Iklim Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Bonggalan Kecamatan Sanden BantulTahun Pelajaran 2014 / 2015
Siti Kusdiyatun (Universitas Islam Indonesia, 2016-03-13)Keberhasilan siswa dalam pembelajaran didukung oleh berbagai faktor, yaitu faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, dan faktor dari luar siswa Faktor yang ada dalam diri siswa adalah faktor kematangan atau pertumbuhan, ... -
PENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL ALQURAN SANTRI YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DI YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA
Suriansyah, 14422069 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Sementara, data yang diperoleh ada beberapa santri yang memiliki kecerdasan emosional yang bagus. Dari fenomena ... -
PENGARUH KEGIATAN DAKWAH TERHADAP RELIGIUSITAS MAHASISWA DI LEMBAGA DAKWAH KAMPUS (LDK) KORPS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (KODISIA) TAHUN 2017
Darojat, 14422143 (Universitas Islam Indonesia, 2018-08-15)kegiatan dakwah merupakan komponen penting dalam membentuk prilaku religiusitas di lingkungan kampus. Religiusitas seseorang ditentukan oleh responya dan terhadap pemahaman dan keyakinanya atas ajaran agama. Realitas ... -
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dan Kondisi Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muslimat Nahdlatul Ulama Kluwut Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2021/2022
DIANA SALSABILA (Universitas Islam Indonesia, 2022-09-26)Menjadi berprestasi dalam sekolah merupakan impian semua orang, tetapi untuk mencapai keberhasilan dalam belajar harus melewati berbagai tantangan dan mengorbankan waktunya untuk belajar. Dalam mencapai prestasi belajar ... -
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dan Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di Man 4 Sleman
NOVIA ANGGRAINI (Universitas Islam Indonesia, 2022-06-10)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa MAN 4 Sleman. Responden penelitian ini siswa MAN 4 Sleman kelas 1 dan ... -
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 Dalam Pelajaran Pai Di Smp N 2 Godean, Sleman, Yogyakarta
AZNAN SHOLIHUL HUDA (Universitas Islam Indonesia, 2022-02-02)Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegelisahan penulis tentang kurang nya perhatian orang tua terhadap proses pembelajaran secara daring selama pandemic Covid 19, hal itu didukung dengan latar belakang keluarga para ... -
PENGARUH MENGHAFAL AL QUR’AN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI HAJAR ASWAD GUNUNG KIDUL
Nanang Najibul Ulum, 15422043 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-09)Penelitian dilatarbelakangi oleh penurunan karakter dari tahun ke tahun khususnya remaja putri, sementara penelitian yang dilakukan penulis didapatkan data yang menunjukan bahwa ada beberapa santri yang mempunyai karakter ... -
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA.
Muhammad Fathurrahman, 11422024 (Universitas Islam Indonesia, 2018-12-21)Motivasi belajar memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. fakta di lapangan menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima dan mempelajari materi pelajaran Pendidikan agama Islam dan sebagaian besar siswa ... -
PENGARUH PRAKTIK PEMBIASAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI AL-HIDAYAH CANDIKARANG SLEMAN YOGYAKARTA
Lisnawati, 14422142 (Universitas Islam Indonesia, 2018-06-04)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak yang tidak baik antara lain: tawuran dan HIV/AIDS yang terjadi pada anak remaja. Di pondok pesantren yang kental dengan akhlakul kariimah masih terdapat perilaku yang ... -
TINGKAT PEMAHAMAN AGAMA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI SAYAP IBU YOGYAKARTA
Zahrotun Nisa’ (Universitas Islam Indonesia, 2020-12-22)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman agama anak berkebutuhan khusus di Panti Sayap Ibu Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif, penelitian bertempat ... -
UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN LEBAK BANTEN
M Rizqul Khoiri, 15422086 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-09)Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab penuh untuk mempengaruhi para guru untuk senantiasa ikhlas, berdedikasi, loyal ...