Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7 Dalam Pelajaran Pai Di Smp N 2 Godean, Sleman, Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegelisahan penulis tentang kurang
nya perhatian orang tua terhadap proses pembelajaran secara daring selama
pandemic Covid 19, hal itu didukung dengan latar belakang keluarga para siswa
yang berbeda-beda dan perbedaan masing-masing orang tua dalam mendidik
anaknya. Dan juga didapati bahwa siswa kurang termotivasi dengan proses
pembelajaran yang mengakibatkan anak menjadi malas untuk belajar dan siswa
susah untuk menentukan arah dan tujuan dalam proses pembelajaran
Lingkungan keluarga menjadi salah satu lingkungan pendidikan yang
sangat berpengaruh dalam proses perkembangan siswa. Kenyamanan siswa ketika
berada di lingkungan keluarga serta cara orang tua mendidik yang tepat dapat
memperlancar siswa dalam proses belajar bahkan mampu mempengaruhi motivasi
belajar siswa ke arah yang lebih positif. Motivasi belajar dikatakan sebagai daya
penggerak dari dalam dan luar diri siswa yang mampu memberikan arah dan
tujuan pembelajaran yang jelas. Maka penelitian ini bermaksud untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa
kelas 7 dalam pelajaran PAI di SMP N 2 GODEAN, SLEMAN, YOGYAKARTA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan
pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis data berupa analisis regresi
linier sederhana yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara dua variabel
( X ) dan ( Y ). Objek untuk penelitian ini variabel lingkungan keluarga ( X ) dan
variabel motivasi belajar ( Y ). Selain itu metode pengumpulan data menggunakan
angket atau kuesioner yang telah diujikan, penelitian ini menggunakan teknik
random sampling sebanyak 44 siswa kelas 7 SMP N 2 GODEAN, SLEMAN,
YOGYAKARTA
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, didapati
kesimpulan bahwa hasil perhitungan yang dilakukan dengan analisis regresi linier
sederhana yaitu diperoleh koefisien determinasi ( R Square ) sebesar 0.336 yang
mempunyai pengertian bahwa besarnya pengaruh lingkungan terhadap motivasi
belajar sebesar 33,6% dan 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kondisi
lingkungan siswa atau mungkin kemauan siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran..
Collections
- Islamic Education [864]