PENGARUH INTENSITAS MENGHAFAL ALQURAN SANTRI YANG MENGIKUTI PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DI YAYASAN ALI MAKSUM PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah. Sementara, data yang diperoleh ada beberapa santri yang memiliki kecerdasan emosional yang bagus. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Pengaruh menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Subjek yang dijadikan responden adalah 36 santri Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Teknik penelitian menggunakan teknik populasi karena santri kurang dari 100, oleh karena itu penulis menggunkan penelitian populasi Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 18 for windows.
Temuan hasil penelitian adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yang ditunjukkan dengan harga R=0,443 yang berkategori sedang/cukup,(2) Besarnya pengaruh menghafal Alquran terhadap kecerdasan emosional di Yayasan Ali Maksum Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yaitu sebesar 19,7% yang dibuktikan (R2 = 0,197 dan p=0,000<0,05), dan sisanya merupakan variabel lain sebesar 80,3%.
Collections
- Islamic Education [862]