Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dan Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di Man 4 Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Latar Belakang Pendidikan
Orang Tua dan Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan akhlak siswa MAN 4
Sleman. Responden penelitian ini siswa MAN 4 Sleman kelas 1 dan 2 sedangkan jenis
penelitian ini adalah penelitian non eksperimental korelasional dengan pendekatan
kuantitatif yaitu pendekatan analitik menggunakan bantuan program computer SPSS
25 for windows. Hasil olah data menemukan bahwa pengaruh positif dan nilai
signifikansinya sebesar 0,049 atau dibawah 0,05. Selanjutnya pengaruh pendidikan
agama Islam secara positif dan signifikan terhadap variabel akhlak siswa MAN 4
Sleman. Hasil olah data menemukan bahwa pengaruh positif dan nilai signifikansinya
sebesar 0,000 atau dibawah 0,05. Kemudian pengaruh secara bersama-sama atau
simultan antara variabel Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dan Pendidikan Agama
Islam terhadap Akhlak Siswa MAN 4 Sleman dengan menunjukan nilai F sebesar
16,674 dan signifikansinya 0,000 atau dibawah 0,05.
Collections
- Islamic Education [863]