UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN LEBAK BANTEN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa kepala sekolah
sebagai pemimpin lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab penuh untuk
mempengaruhi para guru untuk senantiasa ikhlas, berdedikasi, loyal dalam
bekerja, semangat dalam berbuat dan selalu ingin melakukan kegiatan untuk
mencapai suatu tujuan. Oleh karena itu, kepala sekolah harus senantiasa
memberikan motivasi serta dorongan agar para guru melakukan tugasnya dengan
baik, agar para guru dapat meningkatkan mutu, kualitas serta kinerjanya sebagai
pendidik untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di
lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala
sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Yayasan Pendidkan Pondok
Pesantren Nurul Falah Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak Banten
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dan termasuk dalam penelitian
lapangan (field research). Informan penelitian adalah kepala sekolah, Staff Tata
Usaha, dan Guru dengan metode penelitiannya menggunakan purposive. Metode
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode
analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman.
Temuan hasil penelitian ini adalah (a) memberdayakan kompetensi yang dimiliki
guru, mengikut sertakan dan mengadakan kegiatan pelatihan (diklat), seminar,
workshop, Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata peajaran
(MGMP), penataran, dan lokakarya untuk memperluas pengetahuan guru serta
meningkatkan kinerja guru sebagai agen pembelajaran professional. (b)
melakukan supervisi dan pengawasan kepada guru. Melakukan Evaluasi Diri
Guru (EDG) dan Evaluasi Diri Sekolah (EDS). (c) Meningkatkan kedisiplinan dan
pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi. (d) Meningkatkan
kreativitas guru dengan cara, memberi motivasi, pengarahan, bantuan kepada
guru, membina kerjasama yang baik dengan menciptakan nuansa kekeluargaan,
melibatkan semua tenaga kependidikan untuk berpartisipasi dalam kegiatan
sekolah.
Collections
- Islamic Education [862]