Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dan Kondisi Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muslimat Nahdlatul Ulama Kluwut Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2021/2022
Abstract
Menjadi berprestasi dalam sekolah merupakan impian semua orang, tetapi
untuk mencapai keberhasilan dalam belajar harus melewati berbagai tantangan dan
mengorbankan waktunya untuk belajar. Dalam mencapai prestasi belajar siswa
dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dalam diri (internal) dan faktor luar
(eksternal). Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan cara mendidik orang
tua dan pemenuhan kebutuhan sekolah dalam mendukung prestasi belajar anak di
SDIT Muslimat NU Kluwut. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui adakah
pengaruh antara latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi terhadap
prestasi belajar pendidikan agama Islam baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Ex-Post Facto dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III-VI yang
berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive cluster
random sampling dan responden yang digunakan 50% dari total populasi yaitu 74
siswa. Pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan bantuan
program SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan
latar belakang pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa PAI dengan
nilai Thitung 2,139 > Ttabel 1,994 pada taraf signifikan 0,036 < 0,05. (2) Terdapat
pengaruh signifikan dengan arah negatif antara kondisi ekonomi terhadap prestasi
belajar siswa PAI dengan nilai Thitung -2,134 > Ttabel 1,994 pada taraf signifikansi
0,036 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh signifikan secara bersamaan antara latar
belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi terhadap prestasi belajar PAI
dengan nilai Fhitung 3,301 > Ftabel 3,12 pada taraf signifikansi 0,043 < 0,05. Besar
perolehan pengaruh latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi ekonomi
terhadap prestasi belajar siswa PAI adalah 8,5%.
Collections
- Islamic Education [864]