Identifikasi Problematika Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Masa Pandemi Dan Solusinya Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya mahasiswa tingkat akhir
banyak mengalami kendala khususnya ketika mengerjakan skripsi. Pandemi
covid-19 menjadi salah satu faktor dikarenakan adanya perubahan kebijakan
pembelajaran yang sekarang semuanya dibuat dengan sistem online/daring,
sehingga menimbulkan berbagai permasalahan yang harus ditemukan
alternatif/solusi untuk mengatasinya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka
fokus penelitian adalah “Identifikasi Problematika Dalam Menyelesaikan Skripsi
Di Masa Pandemi Dan Solusinya Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam
Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika dalam
menyelesaikan skripsi di masa pandemi dan mengetahui solusi yang digunakan
oleh mahasiswa angkatan 2017 program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan
triangulasi data. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive
sampling dan snowball sampling yaitu memilih Ketua Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 yang sedang
mengerjakan skripsi dan Dosen Pembimbing Skripsi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut bahwa, Pertama, problematika yang terjadi diantaranya kurangnya
pendekatan secara emosional, komunikasi yang terbatas antara mahasiswa dengan
dosen pembimbing, perbedaan pemahaman sistematika penulisan ketika
bimbingan skripsi online, lingkungan yang kurang kondusif dan timbulnya rasa
malas dalam diri mahasiswa. Kedua, dengan adanya problematika tersebut semua
pihak memberikan solusi yang paling tepat diantaranya meningkatkan komunikasi
aktif mahasiswa dengan dosen, meningkatkan softskill, manajemen waktu,
membangun hubungan emosional mahasiswa dan dosen pembimbing, ikhtiar
dengan konsep tauhid dan menanamkan motivasi dalam diri mahasiswa.
Collections
- Islamic Law [646]