Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Di Sd Muhammadiyah Pakem
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah Pembelajaran
yang di lakukan dengan jarak jauh atau pembelajaran daring bisa
berdampak pada hasil belajar,. karena di sekolah ini terkenal dengan
prestasinya yang sangat banyak, seperti slogannya “sekolah ndeso prestasi
kuto” meskipun sekolahaan ini di desa namun prestasinya tidak bisa
dianggap remeh, maka dari itu peneliti ingin meneliti sekolahan ini yang
dimana dengan adanya kendala seperti covid-19 ini apakah bisa Sd
Muhammadiyah Pakem ini masih bisa membuktikan bahwa sekolah ini
benar-benar mempunyai prestasi
Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan lokasi
penelitian atau sasaran penelitian yakni di Sd Muhammadiyah Pakem
dimana data diperoleh dari hasil belajar siswa yakni nilai penilaian tengah
semester dan penilaian akhir semester sebagai data primer untuk mengukur
perbandingan dari rata-rata hasil belajar, metode penelitan yang
digunakan adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan uji
independent sample t-test. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD
Muhammadiyah Pakem yang dijadikan sumber untuk menggali sebuah
informasi yang diperlukan untuk pengumpulan data atau memperoleh data
dalam sebuah penelitian.objek dari penelitian ini adalah terletak pada
pembelajaran daring, serta teknik analisis yang digunakan yakni dengan
uji two way anova.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan metode belajar daring
belum cukup efektif sebagai metode pembelajaran siswa kelas 2 di SD
Muhammadiyah Pakem,yang mengacu pada hasil uji analisis yang
mengatakan tidak adanya perbedaan yang signifikan dari penggunaan
metode belajar daring yang dibandingkan dengan metode belajar luring.
Collections
- Islamic Education [864]